BERITA

Tolak PHK dan Upah Murah, Ribuan Buruh Turun ke Jalan Akhir Pekan Ini

" KSPI menyebut ada 2145 karyawan di PT Toshiba dan PT Panasonic yang di PHK. Selain itu ada beberapa perusahaan elektronik seperti PT Samoin yang memPHK 1166 karyawannya. "

Eli Kamilah

Tolak PHK dan Upah Murah, Ribuan Buruh Turun ke Jalan Akhir Pekan Ini
Ilustrasi aksi buruh. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Ribuan buruh akan turun ke jalan pada Sabtu (06/02/2016) lusa, untuk merespon maraknya pemutusan hubungan kerja PHK kepada para buruh. Aksi tersebut, kata Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia KSPI, Said Iqbal akan digelar bersama buruh dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia. Aksi akan di mulai di Istana Negara dan Mahkamah Agung. Selain soal PHK, buruh juga menolak upah murah, dan medesak mecabut peraturan pemerintah Nomor 78 tahun 2015.

"Kumpul di patung kuda. Kita start jam 10. Lalu kita akan long march ke Istana Negara dan MA. Hari Sabtu ini. Cabut PP 78 2015 yaitu upah murah, sehingga kita kembali pada berunding pada serikat buruh, dewan pengupahan, asosiasi pengusaha untuk mencapai upah layak, daya beli naik sehingga konsumsi naik, dan tidak terjadi PHK. Jika konsumsi naik, maka perusahaan bisa beroperasi dan pertumbuhan ekonomi naik,"ujarnya, Kamis (04/02/2016)


Said Iqbal menambahkan, akan ada aksi serempak serupa juga yang diikuti puluhan ribu buruh lainnya di Bogor, Karawang, Cikarang, Tangerang, Surabaya, Batam, Bandung, Medan, Aceh, dan Makasar. Saat ini, kata Said, ada 2145 karyawan di PT Toshiba dan PT Panasonic yang di PHK. Selain itu ada beberapa perusahaan elektronik seperti PT Samoin yang memPHK 1166 karyawannya. 

Editor: Malika

  • Aksi buruh
  • PHK Buruh
  • tolak upah murah
  • panasonic
  • toshiba

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!