Bagikan:

Pemerintah Upayakan Peningkatan Pemakaian Biodiesel

Pada 2025 ditargetkan konsumsi sumber daya terbarukan Indonesia sebesar 23 persen

BERITA | NASIONAL

Senin, 01 Feb 2016 16:46 WIB

Author

Dian Kurniati

Pemerintah Upayakan Peningkatan Pemakaian Biodiesel

KBR, Jakarta- Pemerintah mengklaim semakin serius menggarap sektor energi terbarukan.  Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Darmin Nasution  mengatakan, keseriusan pemerintah dapat dilihat dari upaya menurunkan konsumsi minyak fosil dan meningkatkan konsumsi bahan bakar biodiesel.

“Undang-undang energi terbarukan yang sebetulnya sudah lebih dari 7 tahun sejak diundangkan, baru dalam 1-2 tahun ini, aturan-aturannya pendukungnya mulai dibentuk. Ini menunjukkan bukti pemerintah Indonesia meningkatkan keseriusan di sektor energi terbarukan ini,” kata Menteri Koordinator Bidang Ekonomi Darmin Nasution  saat membuka Festival Iklim 2016 di Jakarta Convention Center, Senin (01/02/16).

Darmin mengatakan, pemerintah tengah berupaya meningkatkan konsumsi sumber daya energi terbarukan. Pada 2025 mendatang, ditargetkan konsumsi sumber daya terbarukan Indonesia sebesar 23 persen dari seluruh konsumsi energi nasional. Selain itu, pemerintah juga mendorong terbentuknya dana penyangga penggunaan sumber daya energi terbarukan.

“Sementara dana ketahanan energi berbasis energi terbarukan, sedang dicoba dikaji kembali dari rencana yang sebetulnya pernah kita bicarakan,” kata Darmin.

Festival Iklim yang dibuka Darmin adalah bentuk komitmen pemerintah mengamalkan poin-poin Kesepakatan Paris 2015 untuk menekan pemanasan suhu bumi. Festival bertema “<2 Derajat Celcius untuk Kesejahteraan Rakyat dan Generasi Mendatang” ini akan menyampaikan poin Kesepakatan Paris meliputi mitigasi, adaptasi, keuangan, transparansi, peningkatan kapasitas, dan transfer teknologi.

Melalui festival ini, pemerintah ingin menyampaikan poin-poin penting di Kesepakatan Paris kepada publik. Lebih dari itu, pemerintah juga mendorong agar setiap elemen yang telah memahami ancaman perubahan iklim dapat memberikan kontribusinya agar kerusakan itu tidak semakin buruk.

Editor: Rony Sitanggang

 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ragam Syarat Beli Minyak Goreng Curah, Efektifkah?