Bagikan:

Pemerintah Targetkan Bunga Deposito Korporasi Turun di Bawah 10 Persen

Upaya penurunan bunga deposito itu untuk mencegah perbankan menaikkan bunga kredit.

BERITA | NASIONAL

Kamis, 18 Feb 2016 16:48 WIB

Author

Dian Kurniati

Pemerintah Targetkan Bunga Deposito Korporasi Turun di Bawah 10 Persen

KBR, Jakarta– Pemerintah  mendorong penurunan bunga deposito korporasi hingga di bawah 10 persen pada akhir 2016. Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, penurunan bunga deposito itu tetap lebih tinggi dibandingkan inflasi. Kata dia, upaya penurunan bunga deposito itu untuk mencegah perbankan menaikkan bunga kredit.

Darmin menargetkan bunga deposito korporasi senilai single digit. Dia berujar, suku bunga deposito korporasi akan diturunkan secara berkala agar masyarakat tidak kaget.

“Ini arahnya kan tidak sekali, tapi bertahap. Kalau sekali kan aneh. Apa alasannya sampai segitu? Enggak ujug-ujug lah. Bertahap turun. Tapi dipercepat dari biasanya. Akhir tahun kita kira-kira ingin mendorong supaya lending rate untuk corporate itu balik lagi ke single digit,” ujar Darmin di kantornya, Kamis (18/02/18).

Darmin mengatakan, selama ini banyak perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang meminta bunga deposito tinggi kepada perbankan karena menyimpan dana triliunan rupiah. Di sisi lain, perbankan bersaing mendapatkan nasabah berdana besar agar dapat memutar kembali uang simpanan itu, misalnya lewat kredit. Padahal, permintaan bunga deposito yang tinggi akan menyebabkan tingginya suku bunga dasar kredit.

“Dana-dana BUMN dan pemerintah yang ditaruh di bank jangan minta bunga tinggi-tinggi. Oleh karena itu, ada angkanya. Nanti akan disampaikan. Tapi angka itu sedikit di atas inflasi. Deposito sedikit di atas inflasi sudah oke-lah. Masak maunya jauh di atas inflasi,” kata Darmin,

Darmin bersama Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan telah berkoordinasi terkait nilai penurunan bunga deposito korporasi. Dia mengatakan, BI telah menyatakan setuju membuat aturan tentang penurunan bunga deposito.  Dia menyatakan sudah ada kesepakatan nilai bunga deposito itu. Namun, dia enggan menyebutkan nilainya karena menunggu pengumuman resmi dari BI.

Darmin berujar, kebijakan menurunkan bunga deposito korporasi adalah langkah paling strategis untuk menekan bunga kredit. Pasalnya, kerugian akibat bunga itu dapat dirasakan semua pihak yang meminjam uang di perbankan, terutama masyarakat yang ingin memulai usaha.  Kemenko Perekonomian juga akan membentuk tim khusus untuk menurunkan bunga deposito korporasi. Anggota tim itu meliputi Kementerian Keuangan, Kementerian BUMN, Bank Indonesia, dan Otoritas Jasa Keuangan.


Editor: Rony Sitanggang

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Subsidi dan Tata Kelola Pupuk Indonesia

Most Popular / Trending