Pemerintah Siapkan Aturan Pembatasan Bunga Simpanan Uang Negara

"Pemerintah yang akan menginisiasi upaya untuk mengurangi tingkat bunga ini."

, NASIONAL , BERITA

Kamis, 18 Feb 2016 16:32 WIB

Author

Ade Irmansyah

Pemerintah Siapkan Aturan Pembatasan Bunga Simpanan Uang Negara

KBR, Jakarta- Pemerintah bakal merevisi beberapa peraturan pemerintah dan peraturan menteri untuk membatasi tingkat bunga deposito uang negara yang disimpan di bank. Baik itu uang yang berasal dari APBN, APBD, Badan Layanan Umum, maupun uang pemerintah lainnya. Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro mengatakan, hal itu dilakukan untuk untuk menurunkan nilai tingkat suku bunga acuan.

Kata Bambang, Peraturan Pemerintah yang bakal direvisi di antaranya PP nomor 39 tahun 2007 tentang pengelolaan Uang Negara dan Daerah dan PP nomor 45 tahun 2005 soal BUMN.

"Tapi yang paling penting adalah pemerintah yang akan menginisiasi upaya untuk mengurangi tingkat bunga ini. Karena selama inikan uang pemerintah termasuk yang cukup banyak ada di perbankan ya selain di Bank Indonesia. Dan ini sangat memengaruhi pergerakan tingkat bunga dan ini nanti aturannya mencakup pemerintah daerah yang sekarang ini masih cukup banyak uangnya tersimpan di perbankan," ujar Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro  kepada wartawan di Kantor Wakil Presiden, Kamis (18/02). 

Bambang melanjutkan, "catatan akhir di akhir bulan Desember itu mendekati 100 trilliun rupiah. Jadi inilah langkah-langkah yang akan kami lakukan. Artinya peraturan pemerintah akan direvisi tentunya berikut peraturan Menteri Keuangan yang merupakan turunan dari Peraturan Pemerintah."

Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro menambahkan,   belum akan menentukan besaran tingkat bunga deposito tersebut. Pasalnya kata dia, terkait hal ini, selain baru akan dibicarakan oleh tim yang bakal dibentuk, hal itu juga tergantung dengan BI Rate dan inflasi.

Sebelumnya, Pemerintah dalam waktu dekat bakal membuat tim d untuk menurunkan nilai tingkat suku bunga acuan. Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan, tim ini terdiri unsur Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan dan Kementerian Koordinator. Nantinya kata dia, masing-masing pihak bakal membuat kebijakan yang bisa membuat tingkat suku bunga tahun ini turun. Misalnya kata dia, di internal pemerintah,  bakal membatasi tingkat suku bunga deposito dana BUMN yang disimpan di bank.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Eps.2: Kuliah di UK, Cerita dari Rizki Putri Part 2

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17