Bagikan:

Kadin Tolak Impor Sapi dari India

Alasannya negara itu belum bebas penyakit mulut dan kuku

BERITA | PILIHAN REDAKSI | NASIONAL

Senin, 08 Feb 2016 16:50 WIB

Kadin Tolak Impor Sapi dari India

Ilustrasi (Foto: KBR/Adhima S.)

KBR, Jakarta- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) menolak impor sapi dari India. Kata Ketua Komite Tetap Bidang Budidaya Peternakan dan Kemitraan Kadin,  Yudi Guntara Noor, India bukan termasuk negara yang bebas dari penyakit mulut dan kutu (PMK) binatang ternak.

Yudi memperoleh data tersebut dari organisasi kesehatan hewan dunia (OIE). Hingga saat ini, India belum diakui sebagai negara yang bebas PMK oleh organisasi itu. Yudi menyatakan apabila mengacu pada paket kebijakan ekonomi jilid IX pemerintah seharusnya India tidak termasuk.

"Kalau kita berbicara negara India, India sampai saat ini tidak memiliki zona yang memang bebas dari penyakit mulut dan kuku (PMK) yang diakui oleh organisasi kesehatan hewan dunia." Ujar  Ketua Komite Tetap Bidang Budidaya Peternakan dan Kemitraan Kadin,  Yudi Guntara Noor  kepada KBR, Senin (08/02/2016).

Pemerintah   berencana   mengimpor sapi dari India.  Tujuannya untuk menurunkan harga daging yang melambung hingga Rp 130.000/kg. Adanya perubahan kebijakan impor sapi, dari country base ke zona base memungkinkan pemerintah mengimpor sapi dari India. Selama ini pemerintah bergantung kepada Australia dan Selandia Baru dalam impor sapi. 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Haruskah Ikut Program Pengungkapan Sukarela?