Warga Diminta Tak Dekati Sungai Yang Berhulu di Kelud

KBR68h, Jakarta - Pusat Vuklanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG mengimbau warga sekitar gunung Kelud untuk tidak melakukan aktivitas di sungai yang berhulu di gunung tersebut.

NASIONAL

Minggu, 16 Feb 2014 12:25 WIB

Author

Khusnul Khotimah

Warga Diminta Tak Dekati Sungai Yang Berhulu di Kelud

Kelud, Erupsi, Sungai, Lahar Dingin, Hujan

KBR68h, Jakarta - Pusat Vuklanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG mengimbau warga sekitar gunung Kelud untuk tidak melakukan aktivitas di sungai yang berhulu di gunung tersebut. Kepala PVMBG Hendrasto mengatakan, akan ada potensi banjir lahar dingin akibat hujan yang turun di daerah lereng atau puncak Gunung Kelud.

"Kalau lahar tergantung dari hujan. Karena ini materialnya hampir seluruh tubuh gunung Kelud, tentunya semua sungai di yang berhulu di Gunung Kelud akan menjadi lahar," jelas Kepala PVMBG Hendrasto.

Kepala PVMBG Hendrasto menambahkan, sungai yang patut diwaspadai antara lain sungai Petung Kobong, Lahar Gedog, Sumber Agung, dan Lahar Pulo/Kali Sukorejo. Hingga kini korban jiwa akibat dampak letusan gunung kelud berjumlah tiga orang.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Saga Akhir Pekan KBR

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18