Pengungsi Kelud Mulai Terserang Penyakit

KBR68H, Blitar - Ratusan pengungsi letusan gunung Kelud di Kabupaten Blitar, Jawa Timur mulai mengalami sejumlah penyakit.

NASIONAL

Minggu, 16 Feb 2014 11:41 WIB

Author

Adhar Muttaqin

Pengungsi Kelud Mulai Terserang Penyakit

Kelud, Erupsi, Pengungsi, Ispa

KBR68H, Blitar - Ratusan pengungsi letusan gunung Kelud di Kabupaten Blitar, Jawa Timur mulai mengalami sejumlah penyakit. Sesuai data di posko kesehatan setempat, tercatat lebih dari seratus pengungsi telah berobat dan mengeluh mengalami batuk,  sakit kepala, dan gatal-gatal. Bupati Blitar Heri Nugroho mengatakan, dinas kesehatan dan rumah sakit telah menyiapkan tim medis serta obat-obatan untuk para pengungsi. Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah mobil ambulans untuk mengevakuasi warga ke rumah sakit apabila mengalami sakit kronis.

"Kami akan memonitor tentang adanya penyakit-penyakit. Biasanya memang bencana seperti ini ada ISPA atau infeksi radang tenggorokan. Kami sudah menyiapkan tim dinas kesehatan maupun rumah sakit, termasuk obat-obatannya. Kalau ada yang sakit atau gejala sakit langsung kami tangani," kata Bupati Blitar, Heri Nugroho.

Bupati Blitar Heri Nugroho juga meminta warga untuk segera mendatangi posko kesehatan apabila merasakan gejala sakit, sehingga bisa langsung ditangani secara medis. Hingga saat ini ratusan warga di lereng gunung Kelud di wilayah Blitar masih berada di sejumlah lokasi pengungsian.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aplikasi LAPOR Dinilai Tidak Efektif Tanggapi Laporan Masyarakat