Pengamat : Pemerintah Harus Kenakan Bea Masuk Garam Impor

Pemerintah diminta menerapkan bea masuk impor garam untuk melindungi petani garam lokal dari serbuan garam impor.

NASIONAL

Senin, 24 Feb 2014 10:40 WIB

Author

Sindu Dharmawan

Pengamat : Pemerintah Harus Kenakan Bea Masuk Garam Impor

garam impor, petani garam, garam lokal, harga garam

KBR68H, Jakarta - Pemerintah diminta menerapkan bea masuk impor garam untuk melindungi petani garam lokal dari serbuan garam impor. Pengamat Pertanian, Khudori mengatakan, penerapan bea masuk bisa menjadi salah satu instrumen untuk melindungi petani lokal. Pasalnya, kata dia, keberadaan harga garam impor yang murah dapat mengancam keberadaan petani garam lokal.


"Memproteksi produsen dalam negeri, dalam hal ini petani garam. Ketika kita sudah swasembada mestinya untuk memproteksi petani garam supaya tidak diserbu oleh garam impor yang harganya murah. Salah satu instrumen yang bisa dipakai adalah bea masuk, selain buka tutup impor. Ijin buka tutup impor, kapan dibuka, kapan ditutup. Ketika kita memang butuh dibuka. Ketika kita enggak butuh, ketika kita swasembada ditutup," jelas Khudori di Program Sarapan Pagi KBR68H, Senin (24/02).


Pengamat Pertanian, Khudori menambahkan, kebijakan impor garam merupakan hal aneh yang dilakukan jika pemerintah mengklaim telah swasembada garam. Harusnya pemerintah lebih tegas dan serius dalam melindungi petani garam lokal.


Editor : Sutami

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ronde 2 - Rokok Elektrik

PM Inggris Perintahkan WFH Selama 6 Bulan

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18