NASIONAL

Merpati Bangkrut, Penerbangan Nasional Terganggu

"KBR68H, Jakarta - Rencana membangkrutkan Maskapai Penerbangan Merpati dinilai bakal berpengaruh terhadap penerbangan nasional."

Bambang Hari

Merpati Bangkrut, Penerbangan Nasional Terganggu
Merpati, Penerbangan Nasional, Bangkrut

KBR68H, Jakarta - Rencana membangkrutkan Maskapai Penerbangan Merpati dinilai bakal berpengaruh terhadap penerbangan nasional. Ketua Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono mengatakan, hingga kini banyak maskapai yang enggan melayani rute penerbangan di tempat-tempat terpencil di Indonesia. Selama ini, rute penerbangan ke lokasi terpencil hanya dilakukan oleh Merpati, salah satunya ke Papua.

"Pelayanan Merpati itu kan tidak hanya dilihat dari sisi ekonominya saja. Tapi juga ada unsur politiknya. Bayangkan saja, apabila Merpati bangkrut, siapa nanti yang akan melayani penerbangan-penerbangan di Papua? Apakah kita bisa percaya kepada perusahaan penerbangan swasta? Jadi dari sisi nasionalisme, dari sisi strategi ketahanan negara, Merpati harus tetap beroperasi. Apabila nanti Merpati tidak bisa lagi beroperasi ke pelosok, nanti tidak ada yang kirim beras ke Papua, bisa kacau nanti," ujarnya ketika dihubungi KBR68H melalui sambungan telepon, Sabtu (2/1).

Ketua Serikat Pekerja BUMN Bersatu Arief Poyuono.

Sebelumnya, dalam dua bulan terakhir pegawai Merpati belum menerima gaji. Hingga saat ini status mereka belum jelas. Berdasarkan pernyataan sejumlah karyawan, ada yang sudah dirumahkan. Belakangan, muncul wacana dari pemerintah untuk membangkrutkan maskapai penerbangan itu.

  • Merpati
  • Penerbangan Nasional
  • Bangkrut

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!