NASIONAL

Mengaku Melihat Langsung, SBY Sebut Program Sekolah Gratis Berjalan Sukses

Mengaku Melihat Langsung, SBY Sebut Program Sekolah Gratis Berjalan Sukses
SBY, sekolah gratis

KBR68H, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebut program sekolah gratis untuk masyarakat miskin sukses dijalankan pemerintah. Klaim itu lantaran SBY melihat langsung dengan mata kepalanya.

Hal itu SBY katakan dalam Rapat Terbatas bidang infrastruktur dengan sejumlah menteri di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (7/2). SBY menjelaskan program seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Beasiswa bagi masyarakat miskin juga sudah dijalankan dengan tepat sasaran. Hanya saja fasilitas sekolah di sejumlah daerah masih kurang.

"Apa yang saya saksikan kemarin, program itu berjalan. Saya harus mengatakan berjalan baik. Karena saya langsung melihat, berinteraksi dengan semua. Tetapi seperti yang kita ketahui ada pula persoalan di sana sini, misalnya infrastruktur," ujar SBY.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menambahkan, selain persolanan infrastruktur, kurangnya guru di sejumlah daerah juga menjadi masalah dalam dunia pendidikan Indonesia. Untuk itu ia meminta Kementerian Pendidikan dan Kabudayaan segera mencari solusinya.
Program sekolah gratis digagas pemerintah sejak 2009 lalu.


Melalui program ini, sekolah tidak membebani siswa dengan biaya SPP terutama untuk jenjang pendidikan dasar yaitu SD dan SMP. Untuk membiayai operasional sekolah, pemerintah mengucurkan dana Bantuan Operasional Siswa dan Bantuan hingga puluhan triliun rupiah.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • SBY
  • sekolah gratis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!