Kontroversi Nama Kapal, Indonesia Diprotes Singapura

KBR68H, Jakarta - Pemerintah menerima protes dari Singapura menyusul penamaan Usman Harun pada kapal milik TNI Angkatan Laut Indonesia.

NASIONAL

Kamis, 06 Feb 2014 18:30 WIB

Author

Wiwiek Ermawati

Kontroversi Nama Kapal, Indonesia Diprotes Singapura

kapal, usman harun, singapura, menlu, indonesia

KBR68H, Jakarta - Pemerintah menerima protes dari Singapura menyusul penamaan Usman Harun pada kapal milik TNI Angkatan Laut Indonesia. Protes tersebut disampaikan menteri Luar Negeri Singapura, Shanmugam. Meski demikian, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa mengatakan pihaknya hanya bisa menerima protes tersebut.


"Dua hari yang lalu kan memang Menlu Singapura kebetulan ada di Jakarta dalam pertemuan konsultasi. Dan sesaat beliau meninggalkan Jakarta memang sempat menelpon kami mengenai pandangan pemerintah SIngapura tentang hal ini. Saya semata mencatat pandangan tersebut,(tapi yang tertulis dan resmi itu belum?, saya harus cek dulu," kata Marti di Gedung DPR


Nama Usman Harun diambil dari nama dua anggota marinir yakni Usman dan Harun Said yang mengebom McDonald House di Orchard Road, Singapura pada masa konfrontasi Malaysia tahun 1965. Akibatnya 3 orang tewas dan 33 orang warga Singapura terluka akibat bom tersebut. Sehingga penamaan tersebut membuat kecewa pemerintahan Singapura.Sementara itu pemerintah Indonesia mengkalim, penamaan Usman Harun sebagai kapal TNI Angkatan Laut sudah sesuai prosedur.


Editor: M Irham

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN