Empat Gunung Api Berstatus Siaga

Satu diantaranya adalah Gunung Karangetang di Sulawesi Utara. Gunung lain yang berstatus siaga adalah Gunung Lokon di Tomohon Sulawesi Utara, Gunung Rokatenda di Pulau Palue Nusa Tenggara Timur, dan Gunung Kelud di Jawa Timur.

NASIONAL

Rabu, 12 Feb 2014 14:38 WIB

Author

Nur Azizah

Empat Gunung Api Berstatus Siaga

PVMBG, bencana, gunung api, gunung berapi

KBR68H, Jakarta - Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG menyebutkan empat gunung api saat ini berstatus siaga.

Kepala PVMBG Muhammad Hendrasto mengatakan, aktivitas keempat gunung api itu terpantau terus meningkat. Satu diantaranya adalah Gunung Karangetang di Sulawesi Utara.

Gunung lain yang berstatus siaga adalah Gunung Lokon di Tomohon Sulawesi Utara, Gunung Rokatenda di Pulau Palue Nusa Tenggara Timur, dan Gunung Kelud di Jawa Timur.

"Jadi ada empat yang siaga. Jadi seperti Lokon itu sesekali letusannya ada. Kemudian Karangetang juga sama. Itu Gunung Lokon sejak 2011. Kalau Karangetang sejak 2013. Jadi hampir tiap hari itu kalau Karangetang itu setiap harikeluar itu lava," terang hendrasto kepada KBR68H, Rabu (12/02).

Kepala PVMB Muhammad Hendrasto menambahkan, otoritas pemantau gunung api juga menetapkan 16 gunung di Indonesia berstatus waspada.

Diantaranya adalah Gunung Papandayan, Krakatau, Marapi, Semeru, Ijen, Soputan dan Lewotobi. Peningkatan status gunung itu dengan mempertimbangkan naiknya aktivitas gunung api seperti gempa vulkanik dangkal, gempa tremor dan lain-lain.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Aturan Tata Ruang Pesisir Dinilai Diskriminatif

Kabar Baru Jam 7

News Beat

Kabar Baru Jam 20

Ngopi Bersama Azul Eps33: Gembira Bersama Temenggung