NASIONAL

WALHI: Pemerintah Tidak Serius Tangani Limbah Air

WALHI: Pemerintah Tidak Serius Tangani Limbah Air

KBR68H, Jakarta - LSM Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) menilai pemerintah tidak serius menangani limbah air baik limbah rumah tangga maupun limbah hasil industri. Direktur Eksekutif Walhi Jakarta, Ubaidilah mengatakan, sesuai aturan Pemprov seharusnya rutin melakukan sidak tiap 3 bulan ke sektor industri yang menghasilkan limbah berbahaya. Namun hal tersebut kerap tidak dilaksanakan.

"Yang menjadi alasan itu selalu saja klasik misalnya keterbatasan anggaran lalu keterbatasan sumberdaya manusia, petugasnya. Sehingga mereka beralasan tidak menjangkau atau tidak mengurusi ratusan atau bahkan ribuan bangunan yang ada di Jakarta ini dengan jumlah staf yang ada di BPLHD (Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah) sehingga lost," jelas Direktur Eksekutif Walhi Jakarta, Ubaidilah ketika dihubungi KBR68H.

Sebelumnya, Kementerian Lingkungan Hidup menyatakan angka pengolahan air limbah rumah tangga masih minim. Dimana prosentase pengolahan limbah rumah tangga hanya 5.4%. Kualitas pencemaran limbah rumah tangga maupun limbah industri pun makin berat dan berbahaya untuk kesehatan.

  • WALHI
  • limbah air

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!