TKW Masih Dilarang ke Empat Negara Timur Tengah

Pemerintah melarang pengiriman Tenaga Kerja Wanita asal Indonesia ke empat negara Timur Tengah.

NASIONAL

Senin, 11 Feb 2013 22:13 WIB

Author

Yudi Rachman

TKW Masih Dilarang ke Empat Negara Timur Tengah

TKW

KBR68H, Jakarta – Pemerintah melarang pengiriman Tenaga Kerja Wanita asal Indonesia ke empat negara Timur Tengah. Juru Bicara Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Dita Indah Sari Indonesia sedang menghentikan pengiriman TKW ke nagara-negara tersebut. Dita mengklaim, larangan itu menjamin TKW Indonesia agar terhindar dari penyiksaan dan masalah hukum.

“Di empat negara itukan kita moratorium semua, Yordania, Kuwait, Saudi Arabia, Syria memang sedang kita moratorium. Jadi kalau ada PPTKIS yang memberangkatkan TKI ke sana itu illegal dan itu masuk dalam perdagangan manusia. Yang boleh masuk ke sana adalah TKI sektor non pekerja rumah tangga jadi perawat boleh, kontruksi boleh, pabrik boleh,perkebunan boleh, pokoknya perempuan non pekerja rumah tangga boleh,” ucapnya saat dihubungi KBR68H.

Sejak Juli 2012 pemerintah menetapkan moratorium atau penghentian sementara TKW ke sejumlah negara Timur Tengah. Ini dilakukan setelah pemerintah menerima rekomendasi dari Satgas TKI yang merupakan hasil kunjungan kerja Satgas TKI ke Mesir, Yordania, Oman dan Bahrain.

tkw
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rencana Pembentukan Komponen Cadangan Militer Tuai Polemik