Bagikan:

Target Ekspor Indonesia Tahun Ini USD 192 Miliar

KBR68H, Jakarta- Pemerintah menargetkan total ekspor tahun ini mencapai 192 miliar dollar Amerika atau sebesar Rp 1.800 triliun.

NASIONAL

Rabu, 20 Feb 2013 23:03 WIB

Target Ekspor Indonesia Tahun Ini USD 192 Miliar

Ekspor, Non Migas, Perdagangan, Bustami

KBR68H, Jakarta- Pemerintah menargetkan total ekspor tahun ini mencapai 192 miliar dollar Amerika atau sebesar Rp 1.800 triliun. Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami, mengatakan pemerintah bakal menggenjot produk-produk bernilai tambah untuk meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia.

Pasalnya, selama ini Indonesia masih mengekspor produk mentah ke luar negeri. Menurutnya, hal itu juga yang membuat neraca perdagangan Indonesia defisit.

"Semua kita mendorong, kalau kita mau mendorong ekspor adalah produk-produk yang mempunyai nilai tambah, seperti kakao yang sudah ke produk hilirnya tidak lagi pada biji kakaonya saja, rattan juga sudah membuahkan hasil, CPO juga yang hilirisasinya sudah mulai, dan rubber kalau semua sudah diproduksi jadi di Indonesia, hasilnya akan besar," jelas Gusmardi Bustami kepada wartawan di Jakarta.

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami menambahkan, pemerintah akan segera menjalin kerjasama dengan para pengusaha asing. Ini dilakukan guna mendorong investasi yang masuk ke dalam negeri.

Sebelumnya, neraca perdagangan 2013 diperkirakan defisit. Ini karena produksi minyak dan gas (migas) yang tidak mencapai target, serta tingginya impor minyak untuk memenuhi kebutuhan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam negeri.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14

Most Popular / Trending