RUU Terorisme Diklaim Bakal Kurangi Sikap Represif Aparat Keamanan

Undang Undang penanganan terorisme yang bakal disahkan DPR besok diklaim mampu membatasi sikap represif aparat keamanan. Anggota Pansus RUU Pen

NASIONAL

Senin, 11 Feb 2013 20:16 WIB

Author

Roni Rahmata

RUU Terorisme Diklaim Bakal Kurangi Sikap Represif Aparat Keamanan

ruu, terorisme

KBR68H, Jakarta – Undang Undang penanganan terorisme yang bakal disahkan DPR besok diklaim mampu membatasi sikap represif aparat keamanan.

Anggota Pansus RUU Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme, Nasir Jamil mengatakan, nantinya melalui UU itu tidak ada lagi kesalahan asal tuduh terhadap seseorang atau satu kelompok tertentu. Undang Undang itu juga melarang aparat memblokir rekening seseorang yang dinyatakan sebagai teroris.

"UU ini mengatur agar tidak terjadinya abuse of power (kesewenang-wenangan) tindakan terorisme, terutama pendanaannya. Jadi menurut saya, yang mengikuti pembahasan RUU ini, pihak aparat keamanan tidak bisa semena-mena masuk dalam jaringan teroris, atau kemudian memblokir rekening yang diduga jaringan teroris itu sendiri," jelas Nasir saat dihubungi KBR68H.

RUU tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pendanaan Terorisme sebelumnya telah disepakati oleh seluruh fraksi di DPR. Rencananya besok RUU tersebut bakal diundangkan melalui rapat paripurna DPR. RUU ini diharapkan mampu menjaga martabat Indonesia di mata Internasional dalam penanganan terorisme.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Ramai-ramai Mudik Dini

Ramadan (Masih) dalam Pandemi Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Sejumlah Kendala Vaksinasi Lansia