NASIONAL

Mendikbud: UN SD Kemungkinan Dihapus

Mendikbud: UN SD Kemungkinan Dihapus
Penghapusan Ujian Nasional SD, Kurikulum 2013, Rencana penghapusan Ujian Nasional SD

KBR68H, Banyuwangi - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia berencana meniadakan ujian nasional (UN) untuk tingkat sekolah dasar (SD).


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menuturkan Kementerian masih menunggu proses evaluasi terhadap Ujian Nasional SD. Kajian itu dilakukan juga terkait rencana penerapan Kurikulum 2013 yang akan dimulai tahun ajaran baru mendatang.

“Ini sedang kami dalami semuanya. SD itu kan wajib belajar, oleh karena itu salah satu pertimbanganya itu kami serahkan pada sekolah. Tetapi sekali lagi ini sedang kami kaji semuanya. Mudah – mudahan dengan penerapan kurikulum baru tahun 2013 ini nanti tahun 2014 sudah bisa dikeluarkan kebijakan terkait ujian nasional khususnya SD,MI,” kata Mohammad Nuh.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menambahkan, penghapusan ujian nasional tingkat SD tidak akan dilakukan tahun ini mengingat pelaksanaan ujian nasional yang tidak lama lagi yaitu pada bulan Mei mendatang.


Berkaitan dengan kurikulum baru, ia mengaku memang ada beberapa perubahan dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Perubahan antara lain pada penambahan jam pelajaran tentang agama dan budi pekerti.

  • Penghapusan Ujian Nasional SD
  • Kurikulum 2013
  • Rencana penghapusan Ujian Nasional SD

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!