Mendag: HPP Kedelai Tunggu Perpres

NASIONAL

Rabu, 20 Feb 2013 17:02 WIB

Author

Evelyn Falanta

Mendag: HPP Kedelai Tunggu Perpres

menteri perdagangan, hpp, kedelai

KBR68H, Jakarta - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengklaim saat ini Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) yang akan mengatur Harga Pokok Penjualan kedelai sudah siap. Namun, kata Gita, Permendag tersebut belum dapat dikeluarkan sekarang lantaran masih menunggu surat keputusan Peraturan Presidennya.

"tapi kami masih menunggu Perpresnya yang bisa memayungi untuk kepentingan semuanya termasuk Bulog yang akan diberikan peran. Tentunya pemberlakuan harga dilevel tertentu ini sangat bisa memberikan kepastian dan kesejahteraan baik petani, perajin, dan konsumen. (Kapan keluar Permendagnya?) Secepatnya akan dikeluarkan,"kata Gita Wirjawan di Gedung Kementerian Perdagangan, tadi siang.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan menambahkan nantinya pasca Permendag HPP keluar, peran Bulog akan lebih aktif dalam mengatur tata niaga kedelai dipasar. Kementerian Perdagangan menjamin pengaturan HPP ini dapat menetapkan harga kedelai impor ditingkat petani dan perajin dengan lebih jelas.

Sebelumnya, pemerintah akan mengeluarkan Permendag HPP pada bulan Januari lalu namun batal. Sementara, para perajin tahu tempe terus mendesak pemerintah karena harga impor kedelai terus meningkat. Saat ini harga kedelai mencapai angka Rp 7700 per kilogram.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Menyoal Program Restrukturisasi Jiwasraya

Kabar Baru Jam 8

Kapan Kekebalan Terbentuk Usai Vaksinasi Covid-19?

Kabar Baru Jam 10