Mendag: Harga HPP Kedelai Tunggu Perpres

Penetapan Harga Pembelian Pemerintah untuk kedelai akan segera dilansir. Kepastian penetapan HPP kedelai ini molor karena masih menunggu terbitnya Peraturan Presiden.

NASIONAL

Rabu, 20 Feb 2013 18:19 WIB

Author

Evilin Falanta

Mendag: Harga HPP Kedelai Tunggu Perpres

kedelai, hpp

KBR68H, Jakarta - Penetapan Harga Pembelian Pemerintah untuk kedelai akan segera dilansir. Kepastian penetapan HPP kedelai ini molor karena masih menunggu terbitnya Peraturan Presiden. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan peraturan menteri soal HPP kedelai itu akan diterbitkan setelah Perpres terbit. Menurut Gita, pemerintah menetapkan HPP untuk merangsang petani untuk memproduksi kedelai. Semuanya ditujukan untuk mengatur tata niaga kedelai.

"Tetapi kami masih menunggu Perpresnya yang bisa memayungi untuk kepentingan semuanya termasuk Bulog yang akan diberikan peran. Tentunya pemberlakuan harga dilevel tertentu ini sangat bisa memberikan kepastian dan kesejahteraan baik petani, perajin, dan konsumen. (Kapan keluar Permendagnya?) Secepatnya akan dikeluarkan,"ujar Menteri Perdagangan Gita Wirjawan.

Sejak 2008 pemerintah berencana menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan tentang HPP kedelai. Ini bertujuan untuk meningkatkan produksi kedelai dalam negeri, sehingga bisa mengurangi impor. Saat ini, konsumsi kedelai nasional yang mencapai 2,6 juta ton, namun petani hanya mampu menproduksi sekitar 40 persennya saja. Rencana penetapan HPP terkait aksi demo perajin tahu dan tempe karena harga kedelai makin mahal dan pasokannya seret.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Pandemi dan Dampak Pada Kesehatan Mental Siswa

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menanti Perhatian pada Kesehatan Mental Pelajar

Kabar Baru Jam 10