DPR: Uji Materi UU Pilpres Tidak Tepat

KBR68H, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Kepemiluan DPR, Ganjar Pranowo menilai gugatan uji materi terhadap Undang-Undang Pemilihan Presiden tidak tepat.

NASIONAL

Kamis, 21 Feb 2013 10:28 WIB

Author

Yudi Rahman

DPR: Uji Materi UU Pilpres Tidak Tepat

UU, pemilu presiden, uji materi

KBR68H, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Kepemiluan DPR, Ganjar Pranowo menilai gugatan uji materi terhadap Undang-Undang Pemilihan Presiden tidak tepat. Sebelumnya, pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia, Effendi Gazali berencana mengajukan judicial review UU tersebut ke Mahkamah Konstitusi lantaran UU itu dianggap memboroskan uang negara. Menurut Ganjar, gugatan itu sengaja diajukan dengan alasan politis.

"Kira-kira melanggar apa ? Pemborosan anggaran itu melanggar konstitusi pasal mana? Bagi saya kalau soal digugat biasa saja karena memang menjelang Pilpres seluruh bunyi aturan dan prasyarat yang ada itu pasti akan ditarik-tarik untuk didekatkan kepada prasyarat yang kira-kira siapa yang akan diusung," ucap Wakil Ketua Komisi Pemerintah DPR Ganjar Pranowo dalam program Sarapan Pagi KBR68H.

Sebelumnya, dengan alasan pemborosan uang negara, pakar Komunikasi Politik Universitas Indonesia, Effendi Gazali mengajukan uji materi UU Pilpres ke Mahkamah Konstitusi. Dia menilai, anggaran untuk Pilpres maupun Pileg bisa dihemat jika dilakukan secara serentak. Selain itu, jika Pemilu Presiden dan Wakil Presiden dengan pemilu legislatif dilaksanakan secara serentak, maka pemilih akan menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan efisien.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Ilmuan Iran Dibunuh, PBB minta semua pihak menahan diri

Kabar Baru Jam 7

Menagih Penuntasan Kasus Pembunuhan Pendeta Yeremia

Kabar Baru Jam 8

Rumah Sakit Penuh, Pemkab Cilacap Sewa Hotel untuk Karantina Pasien Covid-19