NASIONAL

Di Indonesia 18 Ribu Penderita Gangguan Jiwa Dipasung

"KBR68H, Trenggalek - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperkirakan jumlah penderita gangguan jiwa berat yang dipasung di Indonesia mencapai lebih dari 18 ribu jiwa."

Di Indonesia 18 Ribu Penderita Gangguan Jiwa Dipasung
Gangguan, Jiwa, Pasung, Kesehatan

KBR68H, Trenggalek - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memperkirakan jumlah penderita gangguan jiwa berat yang dipasung di Indonesia mencapai lebih dari 18 ribu jiwa. Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes, Diah Setia Utami mengaku sudah mendapat ribuan laporan dari 16 provinsi tentang pemasungan. Kementerian Kesehatan akan menggelontorkan obat-obatan secara gratis kepada mereka.

"Ada 2.378 laporan yang kami terima, itu baru dari 16 provinsi, jadi kita memperkirakan jumlahnya sekitar 18 ribuan. Jadi itu baru separuh yang lapor dan itu pun belum menyeluruh. 2378 jiwa itu kita anggap yang sudah tersedia atau terdata saja," kata Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan, Diah Setia Utami.

Direktur Bina Kesehatan Jiwa Kemenkes, Diah Setia Utami menambahkan, selain pemberian obat-obatan, Kemenkes juga mengajak korban pemasungan ke rumah sakit jiwa. Kata dia banyaknya penderita gangguan jiwa yang dipasung lantaran faktor ekonomi. Dia berharap pemerintah daerah segera tanggap terhadap warga yang mengalami pemasungan.

  • Gangguan
  • Jiwa
  • Pasung
  • Kesehatan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!