APINDO: Hindari UMP, Sejumlah Pabrik Pindah ke Luar Jakarta

KBR68H, Jakarta - Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi daerah tujuan relokasi pabrik-pabrik menghindari pembayaran upah buruh sesuai Upah Minimum Provinsi Jakarta.

NASIONAL

Kamis, 14 Feb 2013 07:53 WIB

APINDO: Hindari UMP, Sejumlah Pabrik Pindah ke Luar Jakarta

apindo, UMP, Pabrik

KBR68H, Jakarta - Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi daerah tujuan relokasi pabrik-pabrik menghindari pembayaran upah buruh sesuai Upah Minimum Provinsi Jakarta. Wakil Sekretaris Jendral Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Franky Sibarani mengatakan, puluhan pabrik akan pindah ke daerah tersebut karena tingginya UMP di Jakarta. Kata dia, sejumlah pabrik sudah mulai mengurangi kegiatan produksi sebelum relokasi benar-benar dilaksanakan.

"(Perkiraannya berapa buruh yang akan di PHK) ya tentu cukup banyak ya ribuan. Tetapi angka pastinya masih menunggu perkembangan karena kami masih mendorong pemerintah untuk mendukung upaya penangguhan UMP. (Berapa ribu tepatnya?) ya sekitar 10 ribu lah." kata Franky Sibarani ketika berbincang di Program Sarapan Pagi KBR68H.

Sebelumnya Apindo mengklaim puluhan pabrik di Jakarta akan berhenti beroperasi dan pindah ke daerah lain. Langkah ini diambil untuk menghindari UMP Jakarta sekira Rp 2,2 juta. Selain itu, langkah tersebut dinilai bisa menekan angka pemecatan massal.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Jurus Antipunah Episode Ekonomi Lestari Lewat Wirausaha Sosial

Pengenaan PPN Pada Sembako, Tepatkah?

Kabar Baru Jam 8

Pengetatan Pelaku Perjalanan Internasional Cukup Kuat?