Bagikan:

Tangkal COVID-19, Walikota Bandung Dorong Vaksinasi Booster Kedua

vaksin booster kedua itu diperuntukkan bagi warga berusia 18 tahun ke atas

NASIONAL

Selasa, 24 Jan 2023 14:31 WIB

Tangkal COVID-19, Walikota Bandung Dorong Vaksinasi Booster Kedua

Ilustrasi petugas menyiapkan vaksinasi COVID-19 dosis ke tiga bagi warga. Foto:Antara/Adimaja

KBR, Bandung- Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta warganya segera menjalani vaksin penguat (booster) kedua yang dimulai Selasa, 24 Januari 2023.

Berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan yang terbit 20 Januari lalu, vaksin booster kedua itu diperuntukkan bagi warga berusia 18 tahun ke atas.

Yana mengingatkan pentingnya vaksinasi untuk mencegah meluasnya paparan COVID-19. Untuk itu ia mendorong agar warga proaktif mendapatkan informasi tersebut.

"Karena bagaimanapun kami punya keyakinan vaksin adalah salah satu ikhtiar menyelesaikan pandemi COVID-19. Karena pelaksanaan vaksin vaksin ketiga atau booster pertama itu sudah cukup lama, tentunya harus diulang dengan booster yang kedua atau vaksin yang keempat. Sehingga antibodi di badan kita mudah-mudahan semakin baik, sehingga bisa menangkal penyebaran COVID varian apapun," ujar Yana di Sport Jabar Arcamanik, Bandung, Selasa, 24 Januari 2023.

Yana menyebut otoritasnya siap menggelar vaksinasi booster kedua. Itu ditandai dengan ketersediaan vaksin dan lokasi yang telah dimiliki oleh Pemerintah Kota Bandung.

Baca juga:

Kemenkes: Vaksinasi COVID-19 Masih Diprioritaskan untuk Dewasa

Pemerintah Siapkan Juknis Vaksin Covid-19 untuk Balita

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Anhar Hadian, warga Kota Bandung bisa mendapat vaksin booster kedua di setiap pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), di mana Puskesmas akan melaksanakan vaksinasi booster kedua saat warga yang mendaftar berjumlah minimal sepuluh orang.

"Penggunaan per vial vaksin untuk sepuluh orang. Jadi kalau kurang dari 10 orang maka puskesmas tersebut belum dapat menggelar vaksinasi booster kedua," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Anhar Hadian.

Dalam pelaksanaanya, Puskesmas berkoordinasi dengan petugas kelurahan maupun kecamatan untuk mensosialisasikan dosis keempat vaksin COVID-19. Berdasarkan surat edaran, vaksinasi dosis booster kedua dapat diberikan enam bulan setelah booster pertama.

Anhar juga menjelaskan, saat ini jadwal terdekat vaksinasi booster kedua di Kota Bandung, berada di Puskesmas Pasirkaliki pada 24-25 Januari 2023, pukul 8.00-10.00 WIB.

"Ketersediaan vaksin yang dimiliki Kota Bandung berjumlah 94 vial, setara 940 dosis, vaksin Covid-19 Pfizer. Kami siap mengaju­kan permohonan tambah­an vaksin ke Pemprov menyesuaikan kebutuhan," sebut Anhar.

Data Dinas Kesehatan Kota Bandung per 21 Januari 2023 menyebut, masih ada sekitar 47 persen dari total sasaran 2.176.088 jiwa yang belum mengikuti vaksinasi dosis ketiga atau booster pertama.

Selain Kota Bandung, beberapa daerah lain seperti Pemprov DKI Jakarta juga sudah menyatakan siap memulai program vaksinasi booster kedua untuk dewasa.

Editor: Dwi Reinjani

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Laku Ramah Lingkungan dari Bilik Kecil Kantin Sekolah di Bali

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending