NASIONAL

Layani Kebutuhan Air Bersih, Jokowi Resmikan SPAM Durolis

"Jokowi menyebut hampir di setiap provinsi, kabupaten dan kota, masih bermasalah dengan ketersediaan air baku."

air bersih
Presiden Joko Widodo Resmikan SPAM Durolis, Kamis (5/1/2023). (Foto: Youtube Sekretariat Presiden RI)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo hari ini meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Durolis atau Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis. Jokowi menyebut hampir di setiap provinsi, kabupaten dan kota, masih bermasalah dengan ketersediaan air baku.

Menurut Jokowi, nantinya wilayah sekitar akan mendapat suplai air dengan kualitas baik, dan akan tersalur ke 32 ribuan rumah tangga di Dumai. Meski begitu, tahap pengembangan pertama kapasitas air SPAM Durolis masih 400 liter per detik, dari rencana 1.500 liter per detik.

"Saya harapkan dengan dibangunnya SPAM ini kualitas air minum yang dimanfaatkan oleh masyarakat jadi baik, juga akan mengurangi banyak hal seperti stunting, mungkin penyakit-penyakit tertentu yang sebelumnya airnya tidak diolah terlebih dahulu. Saya kira di semua provinsi membutuhkan SPAM-SPAM seperti ini," kata Jokowi.

Baca juga:

- Gara-gara Lumpur PLTA Mrica, 60 Ribu Pelanggan PDAM Cilacap Krisis Air Bersih

- BNPB: Air Sumber PDAM di Kota Besar Tercemar Bakteri dan Logam Berat

Sementara itu, dalam keterangan terpisah, Kepala UPT SPAM Rokan Hilir, Zulkarnain mengatakan, pengelolaan SPAM di wilayahnya berada di daerah pesisir sehingga kualitas airnya kurang baik. Karena itu, dengan keberadaan SPAM Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat terkait pemenuhan air bersih.

Editor: Fadli

  • Air Bersih
  • SPAM
  • Durolis

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!