NASIONAL

KSP akan Panggil Kejagung dan Polri terkait Tragedi Kanjuruhan

"Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko berjanji akan segera mengundang pihak Kejaksaan Agung dan Kepolisian dalam rapat koordinasi terkait kelanjutan proses peradilan tragedi Kanjuruhan."

Tragedi Kanjuruhan

KBR, Jakarta - Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko berjanji akan segera mengundang pihak Kejaksaan Agung dan Kepolisian dalam rapat koordinasi terkait kelanjutan proses peradilan tragedi Kanjuruhan.

Hal ini merespon kedatangan Aremania dan keluarga korban tragedi Kanjuruhan, yang menuntut keadilan dalam peristiwa berdarah di stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, 1 Oktober 2022.

"Saya mendengarkan dengan baik dan saya catat semua apa yang telah disampaikan oleh teman-teman tadi pada saat diskusi. Dan segera setelah ini kita akan mengambil langkah-langkah untuk rapat koordinasi untuk melihat perkembangan hukumnya, diakselerasi seperti tuntutan teman-teman di lapangan seperti apa. Sehingga nanti nyambung antara harapan dari para korban, dengan langkah-langkah hukum yang telah dilakukan oleh teman-teman kita di aparat penegak hukum," ujar Moeldoko di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Kamis (5/1/2023).

Baca juga:

Perpu

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko belum memberi jawaban atas permintaan Aremania agar Presiden Joko Widodo dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) untuk membentuk penyidik independen di luar Polri.

Namun ia menegaskan bahwa pemerintah terus berkomitmen pada proses penegakan hukum yang adil dan berpihak pada korban.

Moeldoko mengapresiasi kedatangan keluarga korban dan tokoh Aremania ke KSP untuk memberikan masukan kepada pemerintah.

"Saya berharap kepada teman-teman semua, baik korban, keluarga korban, para suporter, juga tokoh-tokoh Aremania, untuk bersabar. Karena saya akan mencoba untuk mencoba mengawalnya, proses hukum ini. Sehingga nanti mudah-mudahan apa yang diharapkan teman-teman semua bisa direalisasikan," imbuhnya.

Editor: Agus Luqman

  • Tragedi Kanjuruhan
  • stadion kanjuruhan

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!