NASIONAL

Jaga Kelestarian Lingkungan, Jokowi Ingin Semua Pembangunan Punya Lintasan Satwa

"Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi"

Astri Septiani

Jaga Kelestarian Lingkungan, Jokowi Ingin Semua Pembangunan Punya Lintasan Satwa
Presiden Jokowi saat meninjau langsung perlintasan Gajah di jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Kamis (05/01/2023). Foto: Setpres

KBR, Jakarta- Presiden Jokowi mengingatkan pentingnya memperhatikan kelestarian lingkungan dalam setiap pembangunan infrastruktur di Tanah Air. Untuk itu, Jokowi mengapresiasi adanya pembuatan jalur lintas Gajah, di KM 12 Tol Pekanbaru-Dumai sebagai langkah pemerintah membangun infrastruktur ramah lingkungan.

“Saya terus mengingatkan mengenai pentingnya juga memperhatikan lingkungan, seperti yang kita bangun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai misalnya, ada terowongan untuk lintasan gajah sebanyak enam tempat,” kata Presiden Kamis, (5/1/2023)

Jokowi juga memastikan pembangunan jalan lintas satwa tidak hanya dibuat di Riau. Menurutnya upaya pelestarian ini harus dilakukan di tempat lain agar pembangunan infrastruktur tidak mengganggu kelestarian satwa liar.

"Di tempat lain, misalnya harus melintasi lintasan harimau, ya harus ada terowongan untuk menjaga agar lintasan hewan-hewan liar itu bisa berjalan dengan apa adanya," kata Jokowi.

“Lintasan harimau, lintasan banteng. Saya kira beberapa tempat memang kita membangun terowongan-terowongan, lintasan untuk hewan-hewan yang dilindungi tersebut,” tambah Jokowi.

Baca juga:

Sempat Hampir Punah, Populasi Jalak Bali Kini Bertambah

Gajah di Aceh Timur Mati di Perkebunan Diduga Keracunan

Di sisi lain, Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Riau Genman S. Hasibuan menambahkan bahwa terowongan gajah ini merupakan langkah adaptasi atas pembangunan ruas jalan tol Pekanbaru-Dumai yang telah membelah habitat gajah di dua kota dan dua kabupaten dengan total populasi gajah sebanyak 76 ekor.

“Sebagai adaptasi dari pembangunan jalan tol ini terhadap keberadaan gajah di lokasi ini, maka kami dari Balai Besar KSDA Riau bekerja sama bersama Hutama Karya untuk membuat terowongan gajah sehingga gajah itu pergerakannya tidak terganggu,” kata dia.

Baca juga:

Koalisi Sipil Desak Menteri LHK Cabut Larangan Peneliti Asing Teliti Konservasi RI

Editor: Dwi Reinjani

  • perlintasan satwa
  • Tol Pekanbaru-Dumai
  • Pembangunan Infrastruktur
  • Presiden Jokowi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!