Bagikan:

Ingin Berubah tapi Sulit, Mungkin Masalahnya pada Nature dan Nurture

Tip mengubah perilaku yang disebabkan nature dan nurture dibahas asyik di podcast Diskusi Psikologi (Disko)!

NASIONAL

Rabu, 25 Jan 2023 16:16 WIB

Author

Tim Disko

Diskusi Psikologi (Disko)

Diskusi Psikologi (Disko)

KBR, Jakarta- Pernah ngerasa hidup gitu-gitu aja? Atau mau merubah beberapa sifat dan karakter, tapi kok sulit yah? Apakah itu karena nature dan nurture?

Melansir laman SehatQ dari Kementerian Kesehatan, nature mengacu pada kecenderungan biologis atau genetik pada individu. Contohnya adalah warna kulit dan mata, jenis rambut, bahkan kerentanan terhadap penyakit tertentu.

Sementara nurture mengacu pada pengaruh lingkungan. Seperti pengalaman hidup, pola pengasuhan saat kecil, pembelajaran, hubungan sosial, hingga kebudayaan lingkungan tempat tinggal. Bisa dikatakan, nurture adalah faktor eksternal yang bisa memengaruhi individu.

Kombinasi nature dan nurture juga bisa berpengaruh terhadap individu. Hampir semua pola pikir, perilaku, dan kecerdasan seseorang disebut-sebut sebagai kombinasi dari nature dan nurture.

Baca juga:

- Heboh Kasus KDRT Artis, Mampukah Picu Keberanian Publik Korban KDRT?

Cek Fakta: Beredar Informasi soal Lato-Lato yang Diklaim Memiliki Arti “Aku Yahudi”?

Terhindar dari Hubungan Manipulatif

Apa penghambat seseorang sulit merubah sikap atau perilaku?

Karina Negara, B.A., M.Psi., Psikolog selaku Chief Psychologist & Co-Founder of KALM mengatakan, sifat dan perilaku seseorang dipengaruhi oleh faktor nature dan nurture. Karina menyebut nature sebagai benih dan nurture sebagai pemupuk sekaligus penyiram benih tersebut.

"Di semua aspek psikologis gitu ya. Kepribadian, tadi sifat, habit. Kita kan fisik mirip siapa, mirip mama kita kek, mirip papa kita misalnya. Intinya diri kita ini memang di segala aspek itu pasti campuran faktor nature dan nurture. Gak ada yang 100 persen nature, gak ada yang 100 persen nurture. Tapi dibilang 50-50 juga tergantung," ujar Karina.

Karina mengungkapkan faktor genetik dan lingkungan sangat berpengaruh pada diri seseorang. Namun sebagai manusia dewasa, Karina menilai seseorang sudah punya lebih banyak kendali atas nurture atau lingkungannya. Hal ini pun dianggap bisa membantu seseorang dalam mengembangkan diri atau mengatasi persoalan yang ada.

"Jadi, iya banyak banget yang di luar kendali kita yang sudah lewat, tapi yang belum terjadi atau yang akan datang. Kita ternyata nurture-nya, kita yang megang kendali loh," pungkas Karina.

Mau tau lebih lengkap cara mengubah diri? Dan seperti apa pengaruh nature dan nurture di diri kita? Yuk dengarkan podcast Diskusi Psikologi (Disko) di link berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Laku Ramah Lingkungan dari Bilik Kecil Kantin Sekolah di Bali

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending