Bagikan:

Cek Fakta: Beredar Informasi soal Lato-Lato yang Diklaim Memiliki Arti “Aku Yahudi”?

Top Three Hoax of The Week yang beredar dari 12-18 Januari 2023 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid

NASIONAL

Selasa, 24 Jan 2023 16:00 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta

Cek Fakta

KBR, Jakarta- Belakangan masyarakat +62 diramaikan dengan tren memainkan lato-lato. Dari anak-anak hingga dewasa pun memainkan permainan ini.

Popularitas permainan ini memantik berbagai informasi di media sosial. Salah satunya soal penyebaran lato-lato yang diklaim merupakan konspirasi iluminati. Apa saja hoaks lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari 12-18 Januari 2023, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Foto dengan Narasi Arca Jaman Majapahit Pegang Lato-Lato

Sebuah akun twitter membagikan foto sebuah arca jaman Majapahit dengan narasi sedang memegang lato-lato.

Hoaks of the week kali ini diramaikan dengan permainan yang lagi viral lato-lato. Permainan ini sangat digemarin, sampai-sampai kemana pun kita pergi, pasti ada aja anak yang bermain lato-lato. Berbagai konten permainan ini pun menjamur di media sosia. Tapi gak kalah dengan permainannya, hoaksnya juga ada.

Baca juga:

- Berkaca pada Kasus Ciki Ngebul

- Terhindar dari Hubungan Manipulatif

Cek Fakta: Beredar Video dengan Narasi Jokowi Perintahkan Serangan ke Australia, benarkah?

Kaesang Seolah Gunakan Baju Hitam dengan Logo Palu Arit, Benarkah?

Selanjutnya ada foto manipulasi, di mana Kaesang Pangarep anak dari Presiden Joko Widodo seolah menggunakan kaos hitam dengan logo palu arit. Di mana logo palu arit merupakan simbol komunis.

Beredar Informasi soal Lato-Lato yang Diklaim Memiliki Arti Aku Yahudi”. Masa Sih?

Hoaks peringkat satu, ada sebuah akun Twitter yang mengunggah cuitan beberapa gambar yang mengklaim bahwa permainan yang sedang viral lato-lato, merupakan konspirasi iluminati.

Cuitan itu juga menyebut, lato-lato artinya aku, dan Latto artinya Yahudi. Padahal lato-lato berasal dari Amerika Serikat. Lato-lato juga memiliki berbagai nama, seperti clackers, click-clacks, knockers, ker-bangers, atau clankers.

Mau tau hasil penelusurannya? Yuk dengarkan podcast Cek Fakta di link berikut ini:

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Laku Ramah Lingkungan dari Bilik Kecil Kantin Sekolah di Bali

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending