NASIONAL

108 Ribu Calon Jemaah Haji 2023 Belum Lunasi Biaya Haji

"Kementerian Agama mencatat masih ada sekitar 108 ribu calon jamaah haji 2023 yang belum melunasi biaya haji hingga hari ini."

Haji 2023

KBR, Jakarta - Kementerian Agama mencatat masih ada sekitar 108 ribu calon jamaah haji 2023 yang belum melunasi biaya haji hingga hari ini.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Hilman Latief, dalam rapat dengar pendapat (RDP) Panja Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 2023 di Komisi VIII DPR, Kamis (26/01/2023).

"Bagi 203.320 jemaah reguler, yang saat ini sudah bersiap untuk berangkat. Terdiri dari tiga kelompok. Yaitu kelompok yang sudah lunas dari 2020 tapi tidak bisa berangkat karena Covid-19. Jadi sudah menunggu menjadi tahun ketiga ya. Kemudian yang kemarin menjadi cadangan, ikut melunasi. Dan Insya Allah sebagiannya juga baru akan melunasi. Nah dari angka ini yang belum lunas 108 ribu," ucap Hilman di Gedung DPR, Kamis (26/1/2023).

Baca juga:


Hilman Latief menjelaskan secara keseluruhan pemerintah rencananya akan memberangkatkan 221 ribu calon jemaah haji pada tahun ini.

Angka ini merupakan jumlah kuota yang sudah disepakati pemerintah Indonesia melalui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dengan pemerintah kerajaan Arab Saudi.

"Ini jumlah kuota normal yang diberikan dan sudah di-MoU-kan oleh Kementerian Haji dan Umrah Saudi Arabia dengan pemerintah Indonesia melalui Menteri Agama," katanya.

Editor: Agus Luqman

  • jemaah haji
  • Haji 2023

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!