NASIONAL

Pemerintah Akan Produksi 1.000 Unit Motor Listrik Untuk Pegawai Kementerian/Lembaga & BUMN

Ilustrasi: Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengendarai motor listrik di Nusa Dua, Bali. Minggu

KBR, Jakarta— Kementerian Energi, Sumber Daya Alam dan Mineral (ESDM) akan mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial menyatakan, pemerintah menargetkan untuk mengkonversi seribu unit sepeda motor pada tahun ini. 

Nantinya, motor listrik ini akan diperluas untuk digunakan oleh beberapa kementerian/lembaga dan BUMN.

Baca Juga:

"Kementerian ESDM telah menginisiasi melakukan proses konversi sepeda motor BBM (bahan bakar minyak) ke sepeda motor jenis listrik. Telah dilakukan sebanyak 100 unit. Pada 2022 ini kami menargetkan untuk bisa melakukan konversi terhadap 1.000 unit sepeda motor dengan perluasan program konversi oleh beberapa kementerian/lembaga dan BUMN," ujarnya pada acara Outlook Economic 2022—Hipmi, Rabu (26/1/2022).

Ego Syahrial berujar, pemerintah tengah meningkatkan pembangunan infrastruktur stasiun pengisian kelistrikan umum (SPKLU) dan stasiun penggantian baterai kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) secara bertahap.

Sampai akhir 2021 pemerintah telah memasang 267 unit SPBKLU di 224 lokasi tersebar di Jakarta, Tangerang, dan Banten.

"Selain itu telah terdapat 226 unit SPBKLU yang tersebar di 265 lokasi di Jakarta dan Tangerang," pungkasnya.

Editor: Agus Luqman

  • motor listrik
  • mobil listrik
  • hilirisasi nikel
  • Kementerian ESDM

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!