Mendag: Harga Telur Sudah Turun!

Namun, di sejumlah daerah harga telur masih tinggi. Di Aceh, harga telur ayam ras di tingkat pedagang masih mencapai Rp37 ribu hingga Rp54 ribu per papan isi 30 butir.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 12 Jan 2022 22:15 WIB

harga telur

Pekerja mengumpulkan telur ayam ras di peternakan Aceh Besar, Selasa (11/1/2022). (Foto: ANTARA/Syifa Yulinnas)

KBR, Jakarta - Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengakui harga telur melambung pada akhir tahun 2021. Akibatnya para peternak merugi.

"Saya ketika mereka (peternak) mengatakan, kenapa kok harga telur sampai Rp32 ribu? Kalau di-average dari harga telur tahun 2021, petani telur kita rugi besar. Karena harga average pada saat itu tidak sampai ke Rp24 ribu dari harga acuan Kementerian Perdagangan. Pada saat yang bersamaan, ongkos untuk memelihara ayam dan telur itu naik luar biasa," ujar Lutfi dalam Launching BUMN Holding Pangan di Jakarta, Rabu (12/1/2022).

Baca juga:


Muhammad Lutfi mengatakan memasuki tahun 2022 harga telur sudah kembali turun. Namun kenaikan harga yang terjadi di tahun 2021 memberikan tekanan besar di tingkat peternak.

"Tanggal 1 Januari harganya turun dari Rp34 ribu ke Rp30 ribu, sekarang sudah dibatas harga Rp24 ribu lagi. Dan ini ketakutan kita akan turun lagi di bawah Rp24 Ribu. Ini keterkaitan dengan seasonal yang kita mesti jaga," katanya.

Naik turunnya harga telur ini sangat dipengaruhi masalah yang terjadi di masa lalu. Misalnya, pandemi Covid-19 yang mulai muncul 2 tahun lalu, masih memberikan dampak perubahan harga telur di pasar hingga saat ini.

"Permasalahan telur ini adalah permasalahan 104 minggu yang lalu, jadi urusan dua tahun yang lalu yang kita hadapi saat ini," kata Lutfi.

Namun, di beberapa daerah harga telur masih tinggi. Dikutip dari ANTARA, sejak tiga pekan terakhir harga telur ayam ras di tingkat pedagang di Aceh mengalami kenaikan dari Rp37.000 per papan menjadi Rp54.000 per papan isi 30 butir telur ayam. Kenaikan disebabkan tingginya permintaan telur dan meningkatnya harga pakan.

Baca juga:

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Bersiap Pelat Nomor Kendaraan Ganti Warna dan Dipasangi Chip