Bagikan:

Buntut Pemberhentian Pegawai BPPT Akibat Peleburan Lembaga, Komnas HAM akan Periksa BRIN

Beka menambahkan, pihaknya menduga ada ratusan pegawai lain yang bernasib sama.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 05 Jan 2022 19:14 WIB

PHK Pegawai, Komnas HAM Periksa BRIN

Kantor Komnas HAM RI, Jakarta Pusat. (FOTO: ANTARA/M. ZULFIKAR)

Komisi Nasional Hak Asasi Manusia akan menindaklanjuti adanya dugaan pelanggaran HAM terkait peleburan puluhan lembaga ke Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN). Akibat peleburan lembaga pemerintahan itu, banyak Pegawai Pemerintah Non-Pegawai Negeri (PPNPN) yang diberhentikan. Termasuk  PPNPN Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang telah membuat laporan pengaduan ke Komnas HAM.

Anggota Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara mengatakan, guna menindaklanjuti laporan itu, lembaganya akan memeriksa pihak BRIN yang terkait masalah ini.

"Komnas HAM tentu saja merespons pengaduan ini dan akan segera menindaklanjuti dengan meminta keterangan pada pihak-pihak terkait termasuk juga BRIN terkait dengan skema kepegawaian kepegawaian mereka, terus juga bagaimana kemudian solusi atas nasib ratusan staf," ujar Beka di kantornya, Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Baca juga:

Beka menambahkan, pihaknya menduga ada ratusan pegawai lain yang bernasib sama. Pasalnya, ada lebih dari 30 lembaga dan fungsi penelitian  dilebur ke dalam BRIN berdasarkan Perpres 78/2021, turunan UU Cipta Kerja. Karenanya, ia meminta pegawai yang melapor untuk mendata total pegawai yang diberhentikan akibat peleburan itu.

Para pegawai yang diberhentikan itu mengadu ke Komnas HAM karena tidak ada kejelasan dari pihak BPPT maupun BRIN terkait nasib mereka. Mereka merasa dirugikan karena diputus-kontrak mendadak sehingga tidak ada persiapan dan kesulitan mendapat pekerjaan baru.

Sebelumnya, sejumlah orang yang tergabung dalam Paguyuban Pegawai Pemerintah Non-PNS melaporkan pemecatan terhadap mereka ke Komnas HAM. Di antara para pelapor, ada beberapa pegawai yang sebelumnya merupakan awak kapal riset Baruna Jaya, BPPT.  Selain BPPT, ada LBM Eijkman yang termasuk dalam lima lembaga yang sudah mulai dilebur ke BRIN.

Editor: Muthia K.

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Kemarau Tiba, Waspada Kebakaran Hutan dan Lahan