Bagikan:

Airlangga: Banyak Masyarakat Belum Tahu Subsidi Bunga KUR

Kebijakan bunga kredit usaha rakyat (KUR) sebesar 3 persen akan berlanjut pada tahun ini.

NASIONAL

Rabu, 19 Jan 2022 10:46 WIB

Kredit Usaha Rakyat

Aktivitas usaha pembuatan kerupuk di Sentra Industri Rumah Tangga dan UKM di Serang, Banten, Jumat (19/11/21). Foto: ANTARA

KBR, Jakarta- Pemerintah mengakui masih banyak masyarakat belum mengetahui tentang subsidi bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Padahal menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, kebijakan bunga kredit usaha rakyat (KUR) sebesar 3 persen akan berlanjut pada tahun ini.

Karena itu ia berharap pelaksanaan KUR tahun ini lebih baik dibanding 2021, agar bisa lebih bermanfaat dan berdampak. Airlangga juga mendorong produk UMKM khususnya perkebunan bisa mendapatkan pelayanan KUR.

"Yang kami lihat saat kami ke daerah tidak semua masyarakat tahu bahwa kredit KUR itu 6 persen dan pemerintah mensubsidi 3 persen lagi tahun kemarin. Dan tahun ini sesuai persetujuan rapat terbatas maka KUR juga 3 persen selama enam bulan, sisanya disiapkan oleh Bu Menteri Keuangan, " kata Airlangga saat penghargaan KUR 2021, Selasa (18/1/22).

Baca juga:

Airlangga menjelaskan, dari total dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) sebesar Rp744,77 triliun pada 2021, pemerintah telah menggelontorkan Rp162,4 triliun rupiah untuk UMKM dan KUR.

Sedangkan pada tahun ini, pemerintah meningkatkan plafon KUR menjadi Rp373,17 triliun. Perubahan juga dilakukan terhadap plafon kredit KUR mikro, dari semula Rp10 juta-Rp50 juta menjadi Rp10 juta hingga Rp100 juta.

Pelaku usaha yang mengambil KUR super mikro bisa mengajukan hingga Rp10 juta, dan tidak perlu agunan karena sudah diberikan jaminan oleh pemerintah. Peningkatan ini diharapkan bisa memotivasi UMKM dan dapat disalurkan untuk membantu mereka yang terdampak COVID-19.

Kata dia, penyaluran KUR didukung beberapa kementerian dan perbankan sebagai penyalur. Selain itu, pemerintah juga terus mendata UMKM dalam Sistem Informasi Kredit Program (SIKP) KUR yang ada di Kementerian Keuangan.

Pada 2021, realisasi KUR mencapai Rp281,86 triliun, yang disalurkan lewat 27 lembaga penyalur. Penyalurannya meliputi KUR super mikro sebesar 3,57 persen, KUR mikro 63,71 persen, dan KUR kecil 32,71 persen, dan KUR TKI 0,01 persen.

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Jalan Buntu Penolakan Pemekaran Wilayah Papua