Vaksinasi Covid-19, Menkes Minta Semua Membantu Distribusi

"Kalau saatnya tiba nanti mohon teman-teman, mari kita bantu bersama-sama,"

NASIONAL | RAGAM

Selasa, 12 Jan 2021 07:31 WIB

Author

Resky Novianto

Vaksinasi Covid-19, Menkes Minta Semua Membantu Distribusi

Vaksin COVID-19 Sinovac di ruang pendingin Dinkes Kalbar di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (8/1). (Antara/Jessica Helena)

KBR, Jakarta-     Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin   meminta kerja sama dari pemerintah pusat dan daerah maupun badan usaha swasta, untuk bisa bahu-membahu menyuplai vaksin menuju seluruh pelosok negeri. Penyebabnya jalur distribusi dingin logistik vaksin Covid-19 sangat kompleks untuk menjangkau seluruh daerah.

"Kalau nanti ternyata ada kesulitan untuk bisa menyalurkan 426 juta vaksin ini sampai seluruh pelosok Indonesia melalui jalur logistik dingin. Kalau saatnya tiba nanti mohon teman-teman, mari kita bantu bersama-sama," pungkasnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut proses vaksinasi akan dimulai Rabu, 13 Januari. Hal itu dipastikan dengan adanya persetujuan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) dan fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait kehalalan vaksin Coronavac produksi Sinovac dari Cina.

"Mengenai vaksinasi. Insya Allah bapak ibu, kita akan mulai di hari Rabu dan akan dimulai oleh Bapak Presiden," ujar Budi Gunadi saat Konferensi Pers di Kanal YouTube Setpres RI, Senin (11/1/2021).

Sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin darurat penggunaan atau emergency use authorization (EUA) Vaksin Coronavac asal Perusahaan Farmasi Sinovac dari Cina. Vaksin Covid-19 itu dipastikan aman untuk digunakan dalam proses vaksinasi di Indonesia.

"Vaksin Coronavac ini memenuhi persyaratan untuk dapat diberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency. Pada hari ini, senin 11 Januari 2021, BPOM memberikan persetujuan dalam kondisi emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin Coronavac produksi Sinovac Biotech yang bekerja sama dengan PT Bio Farma," ujar Penny Lukito saat Konferensi Pers Daring di Kanal YouTube BPOM, Senin (11/1/2021).

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Utang Negara Kian Meningkat

Kabar Baru Jam 7

Peran UMKM Pangan dalam Pemberdayaan Ekonomi Gambut

Kabar Baru Jam 8

Desakan Memberantas Intoleransi di Sekolah