Vaksinasi Covid-19, Apindo Siap Bantu Distribusi

"Tentu kita akan coba cari informasi dan komunikasi dengan anggota. Karena anggota kan ada juga yang di bidang kesehatan."

NASIONAL | RAGAM | BERITA

Sabtu, 16 Jan 2021 02:21 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Vaksinasi Covid-19, Apindo Siap Bantu Distribusi

Nakes menjalani vaksinasi COVID-19 Sinovac, di RSUD Wangaya, Denpasar, Bali, Jumat (15/1/2021). (Antara/Nyoman Hendra)

KBR, Jakarta-   sosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan siap membantu distribusi vaksin Covid-19 ke daerah-daerah. Pernyataan itu merespon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang mengisyaratkan bantuan pihak swasta untuk distribusi vaksin.

Ketua Kebijakan Publik Apindo Sutrisno Iwantono mengatakan,   berkomitmen membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi. Namun ia belum bisa menjelaskan detail bantuan tersebut. Karena hingga saat ini belum ada koordinasi jelas dari pihak pemerintah ke Apindo.

"Saya belum tahu, belum mengecek itu ya, karena ini kan pengalaman pertama ya. Tentu kita akan coba cari informasi dan komunikasi dengan anggota. Karena anggota kan ada juga yang di bidang kesehatan kan. Tapi kita belum tahu kesiapannya," kata Sutrisno kepada KBR melalui sambungan telepon, Kamis (14/1/2021).

Ketua Kebijakan Publik Apindo Sutrisno Iwantono menambahkan, sembari menunggu koordinasi dari pemerintah, pihaknya akan proaktif mencari informasi untuk mendukung upaya distribusi vaksin. Ia berharap wacana kerja sama ini bisa berjalan baik tanpa ada proses yang berbelit-belit.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengisyaratkan bantuan pihak swasta terkait angkutan logistik vaksin yang dilengkapi fasilitas pendingin. Sebanyak 426 juta vaksin harus didistribusikan ke penjuru Tanah Air dengan tetap menjaga rantai dingin.

Sebelumnya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin darurat penggunaan atau emergency use authorization (EUA) Vaksin Coronavac asal Perusahaan Farmasi Sinovac dari Cina. Vaksin Covid-19 itu dipastikan aman untuk digunakan dalam proses vaksinasi di Indonesia.

"Vaksin Coronavac ini memenuhi persyaratan untuk dapat diberikan persetujuan penggunaan dalam kondisi emergency. Pada hari ini, senin 11 Januari 2021, BPOM memberikan persetujuan dalam kondisi emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 yang pertama kali kepada vaksin Coronavac produksi Sinovac Biotech yang bekerja sama dengan PT Bio Farma," ujar Penny Lukito saat konferensi pers daring di kanal YouTube BPOM, Senin (11/1/2021).

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10