Sriwijaya Air SJ182, KNKT Terima Rekaman Percakapan Pilot

"Sudah mengumpulkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara"

BERITA | NASIONAL

Senin, 11 Jan 2021 07:10 WIB

Author

Resky Novianto

Sriwijaya Air SJ182, KNKT Terima Rekaman Percakapan Pilot

Petugas membawa temuan diduga korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (10/1). (Antara/Hafidz Mubarak)

KBR, Jakarta- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)  telah menerima data rekaman percakapan pilot Sriwijaya Air SJ182 dengan pengatur lalu lintas udara (PLLU) airnav Indonesia. Ketua Sub Komite Investigasi Keselamatan Penerbangan KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan investigasi terus dilakukan dengan pengiriman tim di lokasi kejadian maupun di Jakarta International Container Tanjung Priok (JICT).

"Belum ada perkembangan mengenai hasil, tapi kegiatannya masih terus berlangsung hingga saat ini. Berikutnya tim juga sudah mengirim dua orang untuk melakukan pengumpulan data di Airnav Indonesia, dan sudah mengumpulkan rekaman berikut transkrip pembicaraan antara pilot dengan pengatur lalu lintas udara (PLLU)," ujar Nurcahyo kepada KBR, Minggu (10/1/2021).

Nurcahyo mengatakan KNKT telah mendapat data mentah dari data radar pergerakan pesawat, yang akan dikaji lebih lanjut. Dia menyebut, tim juga telah mewawancarai petugas lalu lintas udara yang bertugas mengendalikan penerbangan yang mengalami kecelakaan. 

"Belum semuanya tuntas, untuk selanjutnya masih ada beberapa interview yang dilakukan," tuturnya.

Dia menambahkan, tim KNKT telah menerima beberapa komponen yang ditemukan Basarnas. Dari beberapa yang sudah diidentifikasi, telah ditemukan beberapa instrumen pesawat seperti GPWS dan radio altimeter, hingga alat peluncur darurat.

"Ini nanti kita akan identifikasi. Bagian-bagian pesawat yang bisa diidentifikasi umumnya bagian ekor sebelah bawah," pungkasnya. 

Pesawat Sriwijaya SJY-182 8735 PKCLC terbang  dari Bandara Soekarno Hatta menuju Pontianak pada pukul 14.36 WIB. Pukul 14.37 WIB kontak diizinkan naik ke ketinggian 29.000 kaki.

Selanjutnya pada pukul 14.40 WIB Air Trafic Control (ATC) dari Jakarta melihat Pesawat Sriwijaya tidak ke arah O75 derajat melainkan ke barat laut. Dalam hitungan detik pesawat Sriwijaya SJY-182 hilang dari radar.

Saat hilang kontak, Sriwijaya diketahui membawa 62 penumpang. Sebanyak 50 di antaranya adalah penumpang dan 12 lainnya kru.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kesetaraan Akses Vaksin Bagi Disablitas

Kabar Baru Jam 7

Cuan ala KPopers: dari Hobi Jadi Duit

Kabar Baru Jam 8

Menilik Inisiatif Tingkat Kota Kuatkan Toleransi