Menag: Belum Ada Kepastian Haji 2021

Yaqut memahami Saudi belum bisa memberi kepastian soal haji. Sebab akhir pandemi Covid-19 juga belum diketahui.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 19 Jan 2021 09:43 WIB

Author

Heru Haetami

Menag: Belum Ada Kepastian Haji 2021

Masjidil Haram (Foto: Kemenag.go.id)

KBR, Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan hingga saat ini belum ada kepastian ada tidaknya ibadah haji untuk tahun 2021. Ini dikarenakan belum adanya kepastian resmi yang disampaikan pemerintah Arab Saudi perihal haji.

Yaqut memahami Saudi belum bisa memberi kepastian soal haji. Sebab akhir pandemi Covid-19 juga belum diketahui.

Kendati begitu, kata Yaqut, pemerintah terus melakukan komunikasi dengan pihak Arab Saudi untuk memastikan pelaksanaan ibadah haji.

"Dari koordinasi tersebut diperoleh informasi sementara bahwa sampai saat ini kepastian tentang ada tidaknya penyelenggaraan ibadah haji pada tahun 2021 belum diperoleh. Pemerintah Arab Saudi saat ini masih fokus pada penanganan Covid-19 dalam negeri mereka serta pemantauan penanganan covid 19 pada negara negara pengirim jamaah haji," kata Yaqut dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, Senin (18/1/2021).

Meski belum menerima kepastian, Yaqut mengatakan Kemenag sudah menyiapkan tiga opsi terkait pelaksanaan ibadah haji. Mulai dari pelaksanaan dengan kuota haji terbatas sampai peniadaan ibadah haji seperti tahun lalu.

Pada 2020, Indonesia tidak mengirim jemaah haji. Padahal saat itu Indonesia punya 221 ribu kuota haji dari Saudi.

Keputusan itu diambil karena pandemi Covid-19 tak kunjung usai. Pemerintah pun membuka kesempatan bagi jemaah haji yang gagal berangkat untuk menarik sebagai dana yang telah disetorkan.


Editor: Ardhi Rosyadi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10