Jokowi: Hampir 250 Ribu Nakes Sudah Divaksin

Jokowi memahami masih perlu perbaikan manajemen di lapangan agar proses vaksinasi bisa dipercepat

BERITA | NASIONAL

Rabu, 27 Jan 2021 13:14 WIB

Author

Resky Novianto

Jokowi: Hampir 250 Ribu Nakes Sudah Divaksin

Petugas memperlihatkan vaksin COVID-19 Sinovac untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit Umum Zainal Abidin, Banda Aceh, Rabu (27/1/2021). (Antara/Irwansyah P)

KBR, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan sebanyak hampir 250 ribu tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia telah disuntik vaksin Covid-19. Kata Presiden, vaksinasi tahap awal memang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, baik dokter maupun perawat. MEski begitu, Jokowi memahami masih perlu perbaikan manajemen di lapangan agar proses vaksinasi bisa dipercepat.

"Hari ini memang kita baru mendapatkan kurang 250 ribu yang sudah divaksin untuk nakes. Tetapi, sehari dua hari ini melonjaknya cukup tajam. Jadi sehari bisa 50 ribu (divaksin). Kita harapkan memang targetnya, karena memiliki 30 ribu vaksinator, yang ada di kurang lebih 10 ribu puskesmas maupun rumah sakit kita," ujar Jokowi seusai prosesi Vaksinasi kedua di Istana Negara, Rabu (27/1/2021).

Jokowi berharap agar proses vaksinasi bisa tembus 1 juta perhari. Menurutnya, manajemen lapangan perlu mendapat perhatian khusus dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Target 1 juta vaksin ini bisa diwujudkan karena sumber daya lapangan seperti vaksinator hingga fasilitas pelayanan kesehatan di Tanah Air dinilai mencukupi.

"Kita harapkan sebenarnya sehari paling tidak bisa 900 ribu sampai 1 juta yang bisa divaksin. Ini target, tapi memang perlu waktu, manajemen lapangan yang baik dan ini yang selalu terus saya sampaikan pada Menteri Kesehatan," pungkasnya.


Editor: Friska Kalia



Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10