Ditantang Presiden Jokowi Vaksinasi Covid-19 Kelar Setahun, Begini Jawaban Menkes Budi

"Tahapan berikutnya yang lebih besar yaitu tahapan untuk 17,4 juta tenaga layanan publik dan 21,5 juta rakyat dengan usia lanjut. Kami harapkan bisa kita mulai di Maret atau April tahun ini,"

NASIONAL | RAGAM

Rabu, 06 Jan 2021 14:57 WIB

Author

Resky Novianto

Ditantang Presiden Jokowi Vaksinasi Covid-19 Kelar Setahun, Begini Jawaban Menkes Budi

Vaksin COVID-19 Sinovac tiba di kantor Dinkes NTB, Mataram, Selasa (5/1). (Antara/Ahmad Subaidi)

KBR, Jakarta-  Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (BGS) mendapat tantangan dari Presiden Joko Widodo, untuk merampungkan vaksinasi 180 juta lebih masyarakat Indonesia dalam waktu satu tahun. Budi menganggap tantangan itu sebagai pelecut semangat baginya, agar terus bekerja keras menyelesaikan target yang diberikan. 

Hal itu disampaikannya seusai ratas percepatan penanganan Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, hari ini.

"Kami merencanakan dalam jangka waktu 15 bulan, kami bisa menyelesaikan vaksinasi ke 181 juta rakyat Indonesia. Di Ratas tadi, Bapak Presiden memberikan tantangan, apakah bisa dipercepat sehingga bisa selesai dalam waktu 12 bulan? Kami akan berusaha keras dan kami butuh dukungan dari seluruh teman-teman untuk melakukan hal ini," ujar Budi Gunadi saat Konferensi Pers di Kanal YouTube Setpres RI, Rabu (6/1/2021).

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan, penyuntikan vaksin akan dimulai pada pekan depan. Kata dia, pendistribusian berkala vaksin ke seluruh daerah di Tanah Air, diharapkan selesai paling lambat Kamis (07/01)  besok. Nantinya, proses vaksinasi akan menunggu persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

"Kami harapkan vaksinnya dikirim bertahap mulai tanggal 3, tanggal 4 dan tanggal 5 bisa selesai didistribusikan paling lambat tanggal 7 Januari di 34 provinsi seluruh Indonesia. Kami kemudian akan menunggu persetujuan dari BPOM sebelum kemudian Insyaallah akan mulai penyuntikan vaksin tersebut di minggu kedua Januari 2021 ini," tuturnya.

Dia menambahkan, Kemenkes memproyeksikan vaksin tahap pertama kepada 1,6 juta tenaga kerja kesehatan. Budi merencanakan vaksinasi nakes tersebut akan selesai di bulan depan. 

"Tahapan berikutnya yang lebih besar yaitu tahapan untuk 17,4 juta tenaga layanan publik dan 21,5 juta rakyat dengan usia lanjut. Kami harapkan bisa kita mulai di Maret atau April tahun ini," pungkasnya.

Editor: Rony Sitanggang

(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Vaksinasi "Drive Thru" Pertama Indonesia

Pahlawan Gambut

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 10