Antisipasi Kasus Meningkat, Menkes Minta Rumah Sakit Tambah Tempat Tidur Pasien Covid

"Saya minta tolong semua Dirut rumah sakit, semua pemilik Rumah Sakit, tolong konversikan Bed-nya yang tadinya bukan untuk Covid menjadi Covid,"

NASIONAL | RAGAM

Selasa, 12 Jan 2021 05:48 WIB

Author

Resky Novianto, Heru Haetami

Antisipasi Kasus Meningkat, Menkes Minta Rumah Sakit Tambah Tempat Tidur  Pasien Covid

Pasien sembuh COVID-19 meninggalkan RS Lapangan Kogabwilhan II di Surabaya, Jatim, Selasa (5/1). (Antara/Didik Suhartono)

KBR, Jakarta-       Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin meminta   Rumah Sakit seluruh Indonesia, dapat mengkonversikan tempat tidur  noncovid ke pasien Covid hingga 40 persen. Hal tersebut mesti dilakukan, guna memenuhi kebutuhan tempat tidur yang terbatas, ditengah meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di Tanah Air.

"Saya minta ini cara yang paling cepat untuk menambah jumlah kamar, mengantisipasi puluhan ribu pasien baru yang akan masuk. Saya minta tolong semua Dirut rumah sakit, semua pemilik Rumah Sakit, tolong konversikan Bed-nya yang tadinya bukan untuk Covid menjadi Covid, yang tadinya cuma 10 persen, jadi 30 persen atau 40 persen. Secara temporer saja, sambil kita bisa menghadapi lonjakan yang membutuhkan puluhan ribu bed baru," ujar Budi saat Konferensi Pers daring di Kanal YouTube Setpres RI, Senin (11/1/2021).

Menkes Budi Gunadi Sadikin mengatakan dalam satu bulan kedepan, rumah sakit harus menambah jumlah tempat tidur untuk pasien Covid, guna mengakomodir lonjakan pasien. Kata dia, masalah ini perlu diselesaikan secepatnya, lantaran angka kasus aktif diprediksi akan terus merangkak naik hingga awal Februari.

Sebelumnya Satgas Covid juga berupaya menambah ketersediaan tempat tidur untuk penanganan pasien Covid-19. Juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan hal itu lantaran situasi kasus yang terus meningkat.

"Pemerintah berusaha melakukan optimalisasi ketersediaan tempat tidur dengan target peningkatan sebesar 30 persen di setiap rumah sakit. Termasuk di dalamnya upaya penguatan implementasi tatalaksana covid-19 di fasilitas kesehatan nonrujukan," kata Wiku dalam siaran virtual di Jakarta, Selasa (5/1/2020).

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Pandemi dan Dampak Pada Kesehatan Mental Siswa

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Menanti Perhatian pada Kesehatan Mental Pelajar

Kabar Baru Jam 10