Rommy Eks-Ketua PPP Divonis 2 Tahun Penjara, KPK Ajukan Banding

Menurut perwakilan KPK, vonis terhadap Rommy belum memenuhi rasa keadilan masyarakat.

BERITA | NASIONAL

Senin, 27 Jan 2020 14:41 WIB

Author

Muthia Kusuma

Rommy Eks-Ketua PPP Divonis 2 Tahun Penjara, KPK Ajukan Banding

Terdakwa korupsi Romahurmuziy (tengah) dipeluk koleganya usai divonis 2 tahun penjara di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (20/1/2020). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Eks-Ketua Umum PPP Romahurmuziy, atau Rommy, telah divonis hukuman 2 tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider 3 bulan kurungan dalam kasus suap jual beli jabatan di Kementerian Agama (Kemenag).

Tidak puas dengan vonis itu, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan melakukan upaya hukum banding.

Menurut Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, vonis terhadap Rommy belum memenuhi rasa keadilan masyarakat. 

"Misalnya dengan tidak mempertimbangkan uang pengganti. Serta dengan menolak tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK untuk pencabutan hak politik Rommy. Karena itu, JPU segera menyusun memori banding dan menyerahkannya kepada Pengadilan Tinggi Jakarta melalui PN Tipikor Jakarta Pusat," jelas Ali, Senin (27/1/2020).

Sebelumnya, Rommy telah dinyatakan terbukti menerima suap dari Hari Hasanuddin, bekas Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, sebesar Rp325 juta.

Rommy juga dinyatakan terbukti menerima suap dari Muafaq Wirahadi, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, sebesar Rp91,4 juta.

JPU KPK menuntut agar Rommy dihukum 4 tahun penjara dan denda sebesar Rp250 juta subsider 5 bulan penjara.

JPU KPK juga menuntut pidana tambahan berupa pembayaran uang sebesar Rp46,4 juta rupiah dan pencabutan hak politik Rommy selama lima tahun usai ia menjalani pidana pokok.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Ratusan WNI ABK Kapal World Dream Tiba di Sebaru