Ini Tiga Perintah Jokowi Tangani Banjir Jakarta

Urusan banjir yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga dinomorsatukan. BNPB, pemerintah provinsi, SAR, semuanya harus segera bergerak bersama-sama untuk memberikan rasa a

BERITA | NASIONAL

Rabu, 01 Jan 2020 16:12 WIB

Author

Dian Kurniati

Ini Tiga Perintah Jokowi Tangani Banjir Jakarta

warga mengevakuasi mobil taksi di pool taksi kramat jati, pondok gede. Banjir akibat tinggginya intensitas hujan sejak 31 Desember 2019. (Foto: Antara/Galih)

KBR, Jakarta - Presiden Joko Widodo memberikan tiga perintah untuk para menterinya untuk menangani genangan banjir di Jakarta dan beberapa wilayah di sekitarnya.

Perintah Jokowi tersebut mulai mempercepat proses evakuasi korban banjir, hingga memulihkan obyek vital yang sempat lumpuh akibat banjir.

Selain itu, Jokowi juga meminta kepala daerah yang wilayahnya tergenang banjir ikut bekerja bersama pemerintah untuk meminimalkan dampaknya.

"Urusan banjir yang paling penting ini adalah yang berkaitan dengan keselamatan warga dinomorsatukan. BNPB, pemerintah provinsi, SAR, semuanya harus segera bergerak bersama-sama untuk memberikan rasa aman, memberikan keselamatan kepada warga yang terkena bencana banjir," kata Jokowi di Gedung Agung Istana Kepresidenan Yogyakarta, Rabu (01/01/2020).

Orang nomor satu di Indonesia itu mengimbau masyarakat lebih berhati-hati, karena banjir sudah tersebar di beberapa titik di Jakarta dan sekitarnya.

Perintah kedua Jokowi adalah agar para menterinya segera memulihkan berbagai obyek vital dan fasilitas umum yang lumpuh akibat genangan banjir. Misalnya bandara dan pangkalan militer Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Bekas Gubernur DKI Jakarta itu juga menyoroti beberapa ruas di Jalan Tol Cikampek yang harus ditutup karena banjir. Menurut Jokowi, fasilitas publik tersebut harus segera dinormalisasi, agar aktivitas warga tak terganggu.

Selain soal penanganan dampak banjir, tambah Jokowi, pemerintah pusat dan daerah juga harus bekerja keras mencegah banjir tak terulang. Apalagi saat ini pemerintah pusat tengah mengebut pengerjaan Waduk Sukamahi dan Ciawi, yang ditargetkan rampung tahun depan.

Ia juga langsung memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono untuk mengecek progres kedua proyek tersebut.


Editor: Kurniati Syahdan
 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Aktivitas Perekonomian Jakarta Lumpuh Akibat Banjir

Kabar Baru Jam 15

Kabar Baru Jam 14