BERITA

Bawaslu Serahkan Penanganan Hoaks 7 Kontainer Surat Suara kepada Polisi

Bawaslu Serahkan Penanganan Hoaks 7 Kontainer Surat Suara kepada Polisi

KBR, Jakarta - Kewenangan penanganan kasus hoaks 7 kontainer berisikan surat suara yang telah tercoblos bukan lagi di Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), tapi menjadi ranah kepolisian. Ketua Bawaslu, Abhan menjelaskan penyelenggara pengawas Pemilu bekerja sesuai jalur dan yang telah menjadi kewenangannya.

"Bagi penyelenggara yang penting bahwa kita tetap on track. Seperti soal-soal itu kalau dugaan pelanggaran pidana kita lanjutkan dugaan pidananya. Kalau pidana Pemilu ke kami (Bawaslu), kalau pidana umum ke Kepolisian," kata Ketua Bawaslu, Abhan di Gedung Bawaslu RI, Jakarta, Kamis (3/1/2019).


Ia mengatakan, jika salah satu terduga pelaku hoaks tersebut terafiliasi dari salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Bawaslu tetap harus menunggu proses hukum yang sedang berjalan.


"Kami mendukung dan mendorong agar Bareskrim Mabes Polri mengusut tuntas kasus ini agar menjadi pembelajaran," ujarnya.

Baca: Pelaku Penyebar Hoaks Kontainer Surat Suara Bakal Dijerat Pasal Berlapis

Bawaslu juga mengimbau, seluruh peserta pemilu dan seluruh pemangku kepentingan di Pemilu 2019, untuk menghindari isu-isu hoaks atau berita bohong yang dapat mengganggu jalannya Pemilu.

Sebelumnya, KPU bersama Bawaslu telah melaporkan hoaks tujuh kontainer surat suara tercoblos ke Bareskrim Polri.


KPU juga telah mengumpulkan bukti-bukti seperti rekaman audio, tangkapan layar cuitan-cuitan soal hoaks surat suara tercoblos di Twitter, Instagram maupun Facebook.

Baca juga:

    <li><b><span id="pastemarkerend"><a href="https://kbr.id/NASIONAL/01-2019/kpu_bawaslu_minta_polri_hukum_penyebar_hoaks_kontainer_surat_suara/98618.html">KPU-Bawaslu Minta Polri Hukum Penyebar Hoaks Kontainer Surat Suara</a></span></b></li>
    
    <li><b><span id="pastemarkerend"><a href="https://kbr.id/NASIONAL/01-2019/kpu__surat_suara_baru_dicetak_pertengahan_bulan_ini/98616.html">KPU: Surat Suara Baru Dicetak Pertengahan Bulan Ini&nbsp;</a></span></b></li></ul>
    


    Editor: Kurniati

  • Bawaslu
  • kontainer isi surat suara
  • 7 kontainer surat suara
  • hoaks pemilu
  • hoaks 7 kontainer

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!