BERITA

Kapal Zahro Terbakar, KNKT: Kelar Bulan Depan

""Tapi mungkin bulan ini awal bulan. Karena pertengahan bulan, baru selesai investigasi lapangan. Sekarang masih investigasi tambahan selain analisis,""

Kapal Zahro Terbakar, KNKT: Kelar Bulan Depan
Kapal Zahro Express terbakar. (Foto: Antara)


KBR, Jakarta- Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) memperkirakan penyelidikan penyebab terbakarnya Kapal Zahro Express akan selesai pada awal bulan depan.  Kepala Subkomite Investigasi Kecelakaan Pelayaran KNKT, Aldrin Dalimunte, saat ini penyelidikan sudah memasuki tahap analisa. Meski demikian, ia belum bisa menjelaskan gambaran kesimpulan awal yang akan ditentukan lembaganya.

"Saya percepat ini pak, saya siang malam mikirin ini. (Kemungkinan kapan?) Saya coba sebenarnya mau sebulan. Tapi mungkin bulan ini awal bulan. Karena pertengahan bulan, baru selesai investigasi lapangan. Sekarang masih investigasi tambahan selain analisis," jelas Aldrin Dalimunte saat dihubungi KBR, Rabu (18/01).


Aldrin Dalimunte menambahkan penyelidikan ini akan lebih cepat dari target perkiraan selesai pada Maret mendatang. Rekomendasi hasil penyelidikan nantinya akan dikirim ke pihak-pihak terkait kecelakaan kapal Zahro pada awal bulan lalu.


Sebelumnya, KNKT sudah membawa dua dinamo Kapal Zahro Express untuk dianalisa di laboratorium. Dua perangkat kelistrikan itu didapatkan dari ruang mesin bangkai kapal di Kali Asin, Jakarta Utara. Temuan sementara KNKT menyebut, kapal produksi 2013 ini hanya memiliki satu genset dan satu mesin.


Editor: Rony Sitanggang

  • Ketua tim investigasi KNKT Aldrin Dalimunte
  • Kapal Zahro Express

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!