Insiden KM Zahro Express, 17 Korban Hilang Kembali Dicari

Kepala BPBD DKI, Denny Wahyu menjelaskan proses pencarian perlu dilakukan untuk memastikan apakah masih ada korban yang belum terevakuasi.

BERITA | NASIONAL

Senin, 02 Jan 2017 09:52 WIB

Author

Bambang Hari

Insiden KM Zahro Express, 17 Korban Hilang Kembali Dicari

Petugas tim SAR gabungan mencari korban terbakarnya Kapal Motor Zahro Express di dermaga Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (1/1/2017). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Pencarian 17 korban hilang pasca terbakarnya kapal wisata KM Zahro Expres, dilanjutkan hari ini.

Proses pencarian korban sempat dihentikan, pada Minggu (1/1/2017) malam. Pencarian dipimpin tim gabungan dari Basarnas, Dinas Pemadam Kebakaran, dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI.

Kepala BPBD DKI, Denny Wahyu menjelaskan proses pencarian perlu dilakukan untuk memastikan apakah masih ada korban yang belum terevakuasi.

"Pagi ini tim dari Basarnas mencoba menyisir kembali untuk mencari apakah ada korban yang belum dievakuasi. Meski kemarin sore tim dari pencarian Basarnas dan Dinas Penanggulangan Kebakaran yang telah mengevakuasi, mengatakan bahwa sudah semua korban dievakuasi. Tapi untuk memastikan apakah ada yang tertinggal, pagi ini tim dari Basarnas sedang melakukan penyisiran," kata Denny Wahyu kepada KBR, Senin (2/1/2017).

Baca: Kemenhub Akui Ada Kesalahan Pendataan Manifes Penumpang KM Zahro Express   

Ia menambahkan, proses pencarian akan terus berlangsung hingga tiga atau empat hari ke depan.

"Namun hal tersebut masih bisa berkembang sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan," ujarnya

Hingga kini, sebanyak 17 orang masih dinyatakan hilang pasca terbakarnya kapal wisata KM Zahro Express. Denny mengatakan, di antara 23 korban tewas yang saat ini berada di RS Polri Kramat Jati, beberapa di antaranya masih ada yang belum bisa teridentifikasi.

Baca: Kapal Zahro Express Terbakar, Menhub Bakal Evaluasi Besar-besaran   

Proses pencarian korban dilakukan melibatkan tim gabungan Basarnas, Dinas Penanggulangan Kebakaran DKI, Polri, BPBD DKI Jakarta, Kementerian Kesehatan, TNI, Dinas Kesehatan  PMI, SKPD, dan relawan.

Kapal motor Zahro Express terbakar sekitar 1 mil sebelah barat dermaga Muara Angke saat membawa sekitar 200-an penumpang pada Minggu (1/1/2017) pukul 08.45 WIB. Para enumpang sebagian besar wisatawan yang akan menuju Pulau Tidung, Kepulauan Seribu.

Kapal itu selanjutnya ditarik Kapal Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) di pelabuhan Muara Angke dalam kondisi gosong dan rusak berat.

Baca: Kapal Zahro Express yang Terbakar Ditarik Ke Pelabuhan Muara Angke   

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Polisi Sebut Pelaku Bom Bunuh Diri di Polrestabes Medan Beraksi Sendiri