BERITA

Didemo FPI, Mabes Dalami Informasi yang Diterima

Didemo FPI, Mabes Dalami Informasi yang Diterima


KBR, Jakarta- Kepolisian Indonesia menerima sejumlah data dan informasi dari perwakilan  FPI  yang berunjuk rasa di Markas Besar Polri, Jakarta Selatan. Juru bicara Polri, Rikwanto mengatakan, informasi tersebut disampaikan dalam bentuk tertulis dan rekaman video.

"Kita menyambut positif apa yang disampaikan oleh mereka yang berunjuk rasa. Apa yang disampaikan oleh perwakilan mereka. Kita akan melakukan pendalaman terhadap informasi tersebut," kata Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (16/01/17).


"Tentunya ini butuh waktu dan ada mekanisme tersendiri. Para pengunjuk rasa berharap hasilnya segera diinformasikan untuk waktu yang tidak lama," tambahnya.


Rikwanto mengatakan, 17 orang perwakilan pendemo menyampaikan aspirasi pengunjuk rasa kepada Polri. Ia menjabarkan, pendemo meminta kepolisian jangan melakukan pembiaran terhadap ormas yang terindikasi melakukan aksi kekerasan.


"Ini berkaitan dengan diduga ormas GMBI melanggar hukum tapi dibiarkan petugas," ujarnya.


Pendemo juga menuntut Kepolisian tidak tebang pilih menangani perkara hukum. Rikwanto mengatakan, pendemo merasa kasus yang menjerat FPI ditangani dengan cepat sedangkan yang lainnya dibiarkan. Mereka mempertanyakan perkara yang terjadi pascapemeriksaan Rizieq Shihab di Polda Jawa Barat.


"Menurut mereka, di situ terlihat seolah-olah ada pembiaran terhadap ormas GMBI dan perlakuan keras ke FPI," jelas Rikwanto.


Ia melanjutkan, perwakilan FPI juga memberikan informasi mengenai ancaman paham Komunis. Mereka meminta Kepolisian menelusuri hal tersebut.


Siang tadi, ormas FPI   dipimpin Muhammad Rizieq Shibah  melakukan unjuk rasa di depan Mabes Polri. Dalam orasinya Rizieq menuntut   Kapolri Tito Karnavian mencopot Kapolda Jawa Barat Anton Charliyan.


Rizieq mengatakan, Anton diduga melakukan pembiaran yang mengakibatkan terjadinya Insiden penyerangan dan penganiayaan terhadap anggota FPI oleh LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Ia juga menuntut Kepolisian segera menangkap pelaku penyerangan dan penganiayaan tersebut.


Selain itu, pendemo juga menuntut Kapolda Metro Jaya M Iriawan untuk dicopot. Rizieq mengatakan, Iriawan diduga melakukan penghasutan kepada laskar FPI untuk menyerang massa HMI pada demo 4 November tahun lalu.


Editor: Rony Sitanggang

  • Juru bicara Polri
  • Rikwanto
  • Ormas Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI
  • FPI
  • rizieq shihab

Komentar (1)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

  • Ridlo7 years ago

    Ingin rasanya, #demo agar Rizieq Shihab nggak cengeng. Masa, diperiksa trus minta Kapolda dicopot. :-)