Tiga Tokoh Diganjar Gus Dur Award 2016

Ahok, Gus Mus dan Tanto Mendut penerima penghargaan Gus Dur Award 2016.

NASIONAL | BERITA

Minggu, 24 Jan 2016 17:42 WIB

Author

Ade Irmansyah

Tiga Tokoh Diganjar Gus Dur Award 2016

Penerima penghargaan Gus Dur Award 2016. Foto: Ade Irmansyah

KBR, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mendapatkan penghargaan Gus Dur Award 2016 dalam kategori Tokoh Politik Terbaik. Penyelenggara sekaligus putri kedua Gus Dur, Yenny Wahid menilai Ahok sosok pejuang anti-korupsi yang selalu mengupayakan pelayanan publik. Ahok juga dianggap tegas kepada pengusaha, sekaligus mengutamakan kepentingan masyarakat.

“Dia pemberani dan tegas selaras denga nilai keutamaan Gus Dur soal kekesatriaan. Dia politikus anti korupsi. Yang dengan tegas melakukan pembersihan birokrasi dari korupsi demi pelayanan publik yang lebih baik. Dia tegas dalam menegaskan konstitusi, tidak takut dengan tekanan kaum ekstrimis. Dia berani dengan tegas menegakkan aturan dan berani tegas dengan pengusaha yang tamak, dia adalah politisi bersih yang merani melakukan penghematan anggaran agar lebih baik dan efisien,” ujarnya, Minggu, 24 Januari 2016.

Selain Ahok, dua kategori Gus Dur Award 2016 lain, yakni agama dan sosial diberikan kepada Mustofa Bisri. Gus Mus dianggap mampu mengajarkan Islam Nusantara yang ramah ke kancah internasional. Sedangkan, Tanto Mendut diganjar kategori sosial karena telah berhasil memajukan budaya komunitas dan mengusung kearifan lokal. 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

RS di Jalur Gaza Kewalahan Tampung Pasien Covid-19

Kabar Baru Jam 7

Kisah Pendamping Program Keluarga Harapan Edukasi Warga Cegah Stunting

Siapkah Sekolah Kembali Tatap Muka?

Eps8. Food Waste