BERITA

Pemerintah Rancang Komite Ekonomi Syariah

"Keuangan syariah dinilai mampu bertahan ketika ekonomi dunia dilanda krisis."

Rio Tuasikal

Pemerintah Rancang Komite Ekonomi Syariah
Kepala Bappenas, Sofyan Djalil. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Pemerintah akan membentuk Komite Nasional Pengembangan Ekonomi Syariah dalam waktu dekat.

Kepala Bappenas, Sofyan Djalil, mengatakan presiden mendukung pengembangan ekonomi berbasis keuangan syariah. Sebab, menurut presiden, keuangan syariah dinilai mampu bertahan ketika ekonomi dunia dilanda krisis.

"Nanti tugasnya adalah harmonisasi peraturan perundang-undnagan, inovasi produk, dan pemanfaatan dana sosial keagamaan secara lebih holistik dan profesional. Kemudian juga promosi dan hubungan eksternal," jelas Sofyan kepada wartawan di istana, Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Sofyan menjelaskan, struktur komite ini sudah dirancang. Dirinya selaku Kepala Bappenas ditunjuk sebagai sekretaris, mendampingi presiden yang menjadi ketua. Sementara anggotanya antara lain Gubernur BI, Ketua OJK, Ketua Lembaga Penjamin Simpnan, Menteri Agama, Menteri Koperasi, dan anggota MUI.

Pemerintah akan menerbitkan PP membentuk komite ini dan menunjuk direktur eksekutif dari kalangan profesional. 

Editor: Malika

  • Komite Ekonomi Syariah
  • sofyan djalil
  • bappenas

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!