BERITA

Pelantikan Kepala Daerah Serentak Diusulkan Pertengahan Februari

" Saat ini masih dibahas peraturan dan undang-undang terkait hal ini agar tidak terjadi pelanggaran. "

Pelantikan Kepala Daerah Serentak Diusulkan Pertengahan Februari
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Antara

KBR, Jakarta- Kementerian Dalam Negeri mengusulkan proses pelantikan kepala daerah secara bertahap. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, pelantikan ini bisa digelar pertengahan Februari mendatang. Sementara dua tahap selanjutnya bisa digelar Maret dan Juni 2016. Kata dia, percepatan pelantikan ini dilakukan agar kepala daerah terpilih dapat segera bekerja.

"Kalau memang memungkinkan antara 9-15 Februari bagi daerah yang sudah selesai, 7 gubernur, 132 itu dilantik dahulu. Bagi daerah yang sengketa oleh MK, ya nanti pertengahan bulan Maret. Kita inginnya serentak itu jangan sampai mengganggu proses pengambilan keputusan politik dan pelaksanaan program kerja di daerah, sebagaimana penyerapan anggaran, pelaksanaan proyek," kata Tjahjo di Istana Kepresidenan, (28/1/2016)

Tjahjo Kumolo menambahkan, Kemendagri telah mengirimkan surat kepada Sekretariat Negara tentang usulan pelantikan kepala daerah secara bertahap. Kata dia, saat ini masih dibahas peraturan dan undang-undang terkait hal ini agar tidak terjadi pelanggaran. 

Editor: Malika

  • Tjahjo Kumolo
  • Kementerian Dalam Negeri
  • pelantikan kepala daerah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!