KKP: Usaha Cold Storage, Dilirik Investor Asing

KBR, Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan banyak investor asing meminati usaha mesin pendingin atau cold storage di sektor pengolahan.

BERITA | NASIONAL

Sabtu, 30 Jan 2016 19:48 WIB

Author

Ninik Yuniati

KKP: Usaha Cold Storage, Dilirik Investor Asing

Logo Kementerian Kelautan dan Perikanan

KBR, Jakarta- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan banyak investor asing meminati usaha mesin pendingin atau cold storage di sektor pengolahan. Ini menyusul dibukanya kepemilikan asing di sektor perikanan hilir. 

Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Perikanan Nilanto Perbowo mengatakan, sejumlah negara di Amerika dan Eropa tengah menjajakinya. Karenanya, pemerintah melalui paket kebijakan ekonomi, memberikan insentif untuk menarik investor asing, salah satunya keringanan pajak atau tax allowance. Sementara untuk sektor perikanan tangkap, pemerintah memastikan tertutup bagi kepemilikan asing.

"Presiden sudah mengeluarkan paket ekonomi kedelapan, itu semua kan insentif untuk usaha, bagi tax allowance sektor perikanan juga diberikan. (Perkembangannya terkait itu?) untuk penanaman modal naik ya, tapi saya nggak bawa angka, tapi kecenderungannya semua bagus," kata Nilanto di Jakarta, (30/1).

Nilanto Perbowo menambahkan, KKP juga mengupayakan investor lokal bisa turut bersaing di processing dan cold storage. Namun, pemain lokal masih terbentur dengan harga mesin yang mahal. Untuk itu, pihaknya telah meminta Kementerian Perindustrian dan Kementerian Keuangan untuk menurunkan bea impor komponen mesin. 

"Mesin-mesinnya ini sedang kita mintakan kepada Kementerian Perindustrian dan Keuangan untuk komponen mesin sistem rantai dingin, untuk diturunkan semua impor dutynya," tutupnya.  

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 10

Samoa Menetapkan Status Darurat Campak

Laporan Prakiraan Cuaca Sepekan Ke Depan Dari BMKG

Bakal Eksklusif, Masuk Pulau Komodo Mesti Pakai Membership?

Kabar Baru Jam 8